10 Alasan Menggunakan My.Id Domain ccTLD Untuk Blog

Alasan Menggunakan My.Id Domain

Pada artikel ini saya akan membahas alasan menggunakan domain my.id yang cocok untuk blog. Bagi yang belum tahu domain my.id termasuk tipe country code Top Level Domain (ccTLD) Indonesia. Ada banyak sekali ccTLD yang sudah beredar di Indonesia. Mak dari itu yuk simak penjelasan dari saya.

Domain My.Id

Domain my.id merupakan domain lokal Indonesia hasil pengembangan dari domain .id. Pandi sebagai pengelola resmi domain Indonesia telah menyebutkan bahwa pengguna domain id di Indonesia sangatlah banyak. Sebelum kehadiran my.id terdapat ccTLD lainnya yaitu co.id, web.id, ac.id, sch.id, ponpes.id, desa.id, mil.id, go.id, net.id, dan or.id.

Meskipun masih tergolong baru di Indonesia, pengguna domain my.id sangat diminati kaum milenial. Karena domain tersebut dapat dipakai oleh siapa saja terutama personal blog. Berikut alasan terbaik untuk Anda mengapa harus memilih domain my.id.

Alasan Menggunakan Domain My.Id

Harga lebih murah

Untuk Anda bloger pemula dengan dana terbatas domain my.id adalah pilihan tepat. Karena domain ccTLD tersebut dipatok dengan harga yang lebih terjangkau (murah). Dapat juga sebagai pilihan alternatif domain .id yang harganya jauh lebih mahal.

Sebagai perbandingan saja domain ccTLD web.id di Niagahoster dipatok harga Rp. 55.000/th + PPN 10 %. Sedangkan domain my.id dipatok dengan harga Rp. 25.000/th + PPN 10 %. Murah sekali kan ?

Bahkan ada penyedia layanan hosting seperti IdCloudhost yang berani mematok dengan harga Rp. 10.000/th + PPN 10 %. Entah itu harga promo atau bukan yang pasti domain my.id memang dipatok lebih murah.

Syarat mudah dan tidak ribet

Dulu diawal kemunculannya Pandi selaku pengelola my.id memberlakukan syarat identitas KTP ketika ingin registrasi. Namun sekarang di layanan hosting Niagahoster untuk ccTLD .id dan my.id tidak perlu menggunakan KTP, namun Anda cukup menggunakan email aktif yang terdaftar dilayanan hosting.

Lebih personal, cocok untuk branding

Domain my.id memang fokus ditujukan untuk website/blog personal. Seperti namanya my.id dapat merepresentasikan “my identity” atau “my internasional domain”. Tentu saja cocok buat Anda yang ingin membangun personal branding melalui blog pribadi atau halaman portofolio.

Zaman sekarang membangun sebuah blog pribadi sangatlah mudah dengan adanya penyedia layanan hosting website. Seperti blog saya ini menggunakan layanan hosting dari Niagahoster. Tapi jangan heran ya dengan harganya “ada harga, ada kwalitas”. hehehe

Identitas negara Indonesia

Ketika Anda memilih ccTLD Indonesia untuk sebuah website/blog. Secara tidak langsung Anda menunjukkan rasa nasionalisme dengan menggunakan ccTLD Indonesia yang berakhiran .id. Kalau ada domain Indonesia mengapa memilih domain yang lain? Namun semua itu hak Anda untuk memilih atau tidak.

Lebih banyak pilihan nama domain

Seperti yang kita ketahui bersama kepopuleran domain .com memang tidak bisa tertandingi hingga saat ini. Wajar saja domain salah satu TLD tersebut memang telah menyandang gelar domain terpopuler sejagat raya. Ratusan ribu nama domain telah menggunakan domain .com.

Karena saking populernya .com Anda mungkin telah kehilangan kesempatan untuk memiliki domain impian karena sudah lebih dulu terjual. Kalaupun ada itupun domain yang sudah expired dan biasanya harganya jauh lebih mahal bahkan hingga ratusan juta.

Nah buat Anda yang sudah kehabisan nama domain impian, pilihan ccTLD Indonesia my.id bisa jadi alternatif terbaik. Karena domain tersebut masih sedikit yang menggunakannya.

Domain My.Id Mudah diingat

Dengan menggunakan my.id tentu memiliki peluang besar nama domain Anda akan mudah diingat oleh pengujung setia. Daripada Anda harus menggunakan sub-domain seperti wordpress.com atau blogspot.com. Ya wajar saja keduanya merupakan platform menulis yang umum digunakan untuk para blogger dan tersedia secara gratis.

Akses lebih cepat

Mengapa bisa dikatakan akses lebih cepat? hal itu dikarenakan domain dengan akhiran .id (kecuali go.id dan mil.id) Domain Name Server (DNS) dikelola langsung oleh Pandi. Server .id tentu saja berada di Indonesia, bukan di Amerika apalagi Eropa. hehehe

Tentu, Anda memiliki peluang blog akan menempat peringat pertama google atau minimal berada di halaman pertama dan bersaing dengan domain .com. Jika akses website/blog Anda cepat, pengunjung juga akan merasa puas. Maka dari itu kualitas SEO Anda juga terpengaruh dong menjadi lebih baik.

SEO friendly untuk target visitor Indonesia

Jika target visitor blog Anda adalah negara Indonesia, ccTLD my.id adalah pilihan terbaik. Karena Google lebih menyukai domain dengan visitor tertarget dalam wilayah tertentu seperti contoh domain dengan akhiran .id.

Maka dari itu tingkat persaingan dengan peringkat pertama atau halaman pertama Google akan terbuka lebar. So, segera miliki my.id ya minimal untuk personal branding.

Domain my.id lebih terpercaya

Menggunakan domain berbayar bisa menjadi bukti Anda tipe blogger yang serius dalam menekuni bidang publikasi. Sebagian besar masyarakat umum terutama pelajar/mahasiswa yang mencari referensi artikel tentu akan lebih melirik domain berbayar.

Dapat di approve Google Adsense

Untuk alasan yang terakhir ini bisa dibilang hampir semua domain yang ada di pasaran dapat dihubungkan dengan Google Adsense untuk monetisasi blog. Selama domain dan konten Anda tidak menyalahi aturan, besar kemungkinan website/blog dapat dimonetisasi.

Seperti halnya blog My Life Story-Abdul Jalil, meskipun sebagian besar isinya artikel pribadi yang tidak layak untuk dibaca oleh Anda. Namun, saya iseng mendaftarkan Google Adsense dan akhirnya pengajuan diterima. Lumayan bisa menambah pemasukan meskipun tidak banyak. hehehe

Nah itu berbagai alasan mengapa Anda harus menggunakan my.id. Sangat cocok untuk Anda jika ingin membeli domain dengan harga yang murah dan juga bagus. Anda tidak perlu risau atau kalah saing dengan domain .com. Karena sejatinya domain dengan akhirnya .id dianggap relevan oleh Google dengan target visitor dari Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat

Salam,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *