Berbagi Pengalaman Bersama Adik – Adik

Sekolah dan Kuliah
Foto 1 : Bersama Olivia Winardi (Fisika 2017)

Kampus Undip (18/10/2017) – Pada kesempatan kali ini aku mencatat tentang pengalamanku bersama adik-adikku di Departemen Fisika. Saat ini aku sedang menempuh pendidikan di semester 9 (bukan mahasiswa biasa).

Aku mungkin payah kalau urusan nilai akademik tapi pengalamanku tidak sepayah yang kalian kira, setidaknya aku memiliki cukup banyak pengalaman yang bisa dibagikan ke adik-adikku.

Seperti yang telah aku perlihatkan kepada kalian beberapa foto sebagai bukti nyata. Foto dokumentasi setelah wawancara ada sebagai bukti bagi mereka yang sedang mengikuti Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Pra Dasar (LKMMPD) Departemen Fisika 2017 .

Pada awalnya aku hanya diwawancarai oleh satu orang saja, namun karena suatu sebab yang rumit untuk dijelaskan pada akhirnya aku diwawancarai oleh 4 orang.

Aku lebih suka menyebutnya berbagi pengalaman selama menjadi mahasiswa, bukan seseorang yang penting untuk diwawancarai. Jadi, berbagi pengalaman adalah kalimat yang tepat untuk catatan ini. Hehehe

Seperti yang kalian lihat di foto 1 dia adalah orang pertama ada keperluan denganku berkaitan dengan tugas LKMMD (namanya sudah aku perjelas di bagian awal). Dan kemudian dia mengajak temannya (foto 2). Secara bersamaan aku memberi pengalaman langsung ke mereka berdua.

20171018_161344 mutiara
Foto 2 : Bersama Mutiara (Fisika 2017)

Foto 2 : Bersama Mutiara (Fisika 2017)

Berhubung aku bukan mahasiswa tidak berprestasi urusan akademik, jadi pengalaman yang bisa aku bagikan kepada keduanya ya seputar tentang kegagalan yang pernah aku alami. Di urusan akademik aku banyak mengalami kegagalan, aku tidak malu bercerita tentang kegagalan.

Karena dengan aku bercerita kegagalan berharap mereka tidak mengikuti jejak-jejak kegagalanku. Aku ingin adik-adikku lebih berhasil daripada aku. Aku mempunyai jalan hidup yang berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya. Aku tidak ingin terlihat sama maupun berbeda di antara keduanya. Hehehe

Ku kira hari ini hanya memberi pengalaman ke Olivia dan Mutiara, eh ternyata ada adik yang datang tanpa pemberitahuan sebelumnya. Meskipun begitu aku tidak ingin mempersulit mereka dan tidak memedulikan dengan waktu istirahatku karena masih cukup untuk menemani mereka berdua (foto 3 dan 4).   

IMG_20171018_163317 ahmad

Foto 3 : Bersama Ahmad (Fisika 2017)

Aku tipe orang yang sangat fleksibel dengan siapa pun selama masih mempunyai waktu luang. Aku juga tidak ingin mengecewakan dan dibuat kecewa, jadi aku selalu berusaha menjadi yang tidak mengecewakan orang lain.  

Tanpa membuang-buang waktu aku langsung saja mendengarkan mereka bercerita tentang apa pun. Tentang kegelisahan dunia kampus Undip, FSM atau organisasi kampus yang mungkin sedang mereka inginkan dikemudian hari.

Mereka masih muda dan belum banyak pengalaman, jadi aku memberikan banyak sekali pengalaman selama 9 semester di kampus. Pengalamanku memang tidak bernilai uang dengan jumlah yang bisa kalian bayangkan, namun pengalamanku bisa menjadi acuan untuk siapa pun jika ingin berbuat sesuatu dikemudian hari.   

IMG_20171018_163208 dani
Foto 4 : Bersama Dani (Fisika 2017)

Foto 4 : Bersama Dani (Fisika 2017)

Entah mereka mendengarkan ceritaku secara lengkap atau hanya sebagian saja intinya aku sudah membagikan pengalamanku kepada mereka semua. Jalan mereka masih panjang dan banyak sekali rintangan yang perlu dihadapi.

Siapa pun orangnya insya Allah aku akan  menjawab pertanyaan model apa pun asal bukan yang berkaitan dengan akademik. Kalau pengalaman akademik itu cocoknya bagi orang-orang yang mempunyai prestasi lebih baik daripada aku.

Aku hanya mahasiswa semester 9 yang sedang berusaha mencari jalan untuk kembali. Sudah itu saja dariku, sisanya akan menjadi sejarah yang tercatat. Terima kasih 🙂

Catatan Akhir Kuliah #4

Salam Dariku,

Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

https://abduljalil.my.id/

Tinggalkan Balasan