Keuntungan Menabung Emas Digital Di Tokopedia

kelebihan menabung emas di tokopedia

Update Terakhir: 4 April 2022 Oleh Abdul Jalil

Salah satu pembahasan menarik di era sekarang adalah tentang investasi. Banyak sekali anak muda usia < 30 tahun sudah mulai melek berinvestasi termasuk saya ini. Salah satu produk investasi yang populer adalah emas. Nah di Tokopedia tersedia fitur menabung emas. Di sini saya akan memberi informasi keuntungan dan kerugian menabung emas di Tokopedia.

Sebagian orang mungkin akan berpikiran “ngapain sih nabung emas di marketplace?” Kenapa tidak beli langsung di toko emas atau di Pegadaian. Jika muncul pertanyaan seperti itu saya akan sendiri akan menjawabnya. Kata kuncinya adalah “kebutuhan dan tujuan investasi“.

Dua hal di atas saling berhubungan, saya menabung emas karena butuh dan memiliki tujuan untuk investasi jangka panjang. Kalau kalian merasa tidak butuh menabung emas. Lebih baik langsung tutup halaman ini segera. Karena artikel ini jelas akan membahas seputar menabung emas.

Tokopedia adalah salah platform toko daring terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Beragam fitur menarik yang sangat bermanfaat untuk pengguna setianya. Salah satunya adalah Tokopedia Emas.

Tokopedia Emas resmi meluncur pada tanggal 27 Maret 2018 sebagai salah satu solusi praktis dalam menabung emas. Jika umumnya Toppers (sebutan untuk pengguna Tokopedia) harus membeli emas batangan dengan jumlah terkecil 0,5 atau 1 gram, lewat Tokopedia Emas bisa membeli mulai dari 500 rupiah (awal peluncuran).

Sekarang ini Toppers bisa menabung emas mulai dari Rp 5000 (Pluang) dan Rp 10.000 (Pegadaian). Di Tokopedia Emas memang tersedia 2 jenis produk emas semenjak ada peraturan baru mengenai sistem menabung. Tokopedia bekerja sama dengan Pluang dan Pegadaian.

Untuk pengguna lama pastinya akan menggunakan Pegadaian bagi yang sudah melakukan peningkatan level membership. Jika tidak menyukai sistem dari Pegadaian pastinya akan beralih menggunakan Pluang sebagai gantinya. Kalau pengguna setia seperti saya ini menggunakan keduanya.

Baik itu Pegadaian maupun Pluang keduanya memiliki manfaat yang sama meskipun ada sedikit perbedaan mengenai biaya layanan. Sampai saat artikel terbit Tokopedia x Pluang tidak mengenakan biaya berlangganan, sedangkan Pegadaian ada biaya titip emas Rp 30rb/th dan saldo mengendap minimal Rp 40rb.

keunggulan menabung emas digital di tokopedia
Yuk Mulai Nabung Emas Tokopedia

Kelebihan atau Keunggulan Menabung Emas di Marketplace Seperti Tokopedia

Saya sepertinya sudah panjang banget basa basinya. Nah, daripada kalian capek bacanya berikut saya akan sampaikan keuntungan menabung emas di Tokopedia.

Belanja Sambil Menabung Emas

Bagi saya hal ini adalah sebuah inovasi yang sangat brilian dan meningkatkan efisiensi. Saya tidak perlu menggunakan 2 aplikasi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan berbelanja dan menabung emas.

Proses Registrasi Mudah

Setiap pengguna yang memiliki akun Tokopedia sudah bisa menabung emas di Pluang (belum bisa saya pastikan perlu syarat KTP atau tidak). Yang jelas pasti bisa! Jika ingin menabung emas lewat Pegadaian juga bisa dengan mengisi data diri dan KTP

Tentang proses registrasi di masa peralihan ini sepertinya pengguna sementara ini diminta untuk melakukan registrasi offline di kantor cabang Pegadaian. Namun, jika proses peralihan itu berhasil pengguna tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

Minimal Beli Emas Mulai Dari Rp 5.000

Di aplikasi sejenis (Pegadaian Digital) minimal menabung emas sebesar Rp 50.000 dan saldo mengendap minimal 0.1 gram. Untuk saya jelas tidak cocok, namun buat kalian bisa jadi cocok-cocok saja.

Metode Pembayaran Hampir Lengkap dan Bebas Biaya Admin

BRIVA dan VA BCA adalah metode pembayaran favorit saya, prosesnya mudah, cepat dan bebas biaya admin. Sedangkan di aplikasi satunya kena biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi. Kalian ini pilih metode pembayaran apa saja di Tokped ada.

Investasi Aman dan Sesuai Syariah

Tokopedia Emas bekerja sama dengan PT Pegadaian yang diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan bekerja sama dengan Pluang berlisensi dan diawasi oleh Bappebti. Selain itu dalam proses transaksinya memakai akad jual beli tunai & wadi’ah (titipan), serta melalui persetujuan Dewan Pengawas Syariah (MUI) No. 04/DPS-DSN/VII/2015.

Kado Emas dan Bebas Biaya Transfer

Kirim kado emas untuk orang-orang spesial bisa kalian lakukan langsung lewat aplikasi atau website Tokopedia lho. Caranya mudah dan bebas biaya transfer.

Selain itu keuntungan lainnya adalah Bisa Jadi Untuk Dana Darurat, Penyelamat di Tengah Resesi Ekonomi, Harga Emas Cenderung Meningkat, Tidak Pusing Penyimpanan & Biaya Perawatan.

Kerugian Menabung Emas di Marketplace

Saya juga cukup puas membahas mengenai keuntungan menabung emas di Tokopedia, nah sekarang saya akan menyampaikan beberapa kerugian menabung emas digital kepada kalian. Simak baik-baik ya!

Harga Lebih Murah Dari Emas Batangan

Perbedaan antara harga emas digital dan batangan (fisik), mungkin karena faktor keberadaannya dan likuiditasnya. Sebagai contoh harga per 3 April 2022

Harga emas digital mengambil referensi di Pegadaian 1 gram emas senilai Rp 922.0000 (beli) dan Rp 880.590 (jual), sedangkan emas batangan cetakan Antam mengambil referensi dari Pegadaian untuk 1 gram emas senilai Rp 985.000 (beli).

Fitur Cetak Emas

Untuk fitur yang satu ini memang agak sedikit misterius menurut saya, karena hanya beberapa pengguna saja yang muncul menu “cetak emas“. Saya sendiri meyakini setelah proses pembaruan sistem fitur tersebut akan muncul kembali di semua pengguna.

Fakta yang bisa saya berikan adalah sampai artikel ini terbit memang belum muncul lagi fitur cetak emas.

Biaya Cetak Emas

Jika kalian memutuskan untuk mencetak emas melalui Pegadaian. Maka kalian harus menyiapkan dana tambahan minimal Rp 100rb untuk cetakan Antam, Rp 60rb untuk cetakan UBS dan Rp 50rb untuk cetakan Galeri24. Karena fiturnya masih misterius biaya tersebut mungkin sudah termasuk ongkos kirim.

Note: Jika ada update mengenai fitur dan biaya cetak emas. Saya akan memperbarui dengan segera! Kalau enggak lupa 😀

Saya kira sudah cukup untuk pembahasan mengenai keuntungan dan kerugian menabung emas digital di Tokopedia. Sebagai generasi muda dan generasi mana saja tidak ada salahnya mencoba alternatif menabung emas di marketplace selain menabung emas di brangkas rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya ^_^

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.