Malam Kebahagiaan Fisika 2017 dan Fisika 2013

Foto 1 : Fisika Angkatan 2013 dan 2017

Semarang, 27 November 2017 – Hari ini ada agenda bersama angkatan Fisika 2017. Kami angkatan 2013 mendapat undangan istimewa untuk menghadiri acara tersebut.

Orang-orang biasa menyebutnya malam keakraban namun aku memilih kata lain (baca judulnya). Aku ternyata sudah memiliki 4 adik tingkat di fisika Undip.

Itu tandanya aku perlu mempercepat tempo agar segera lulus dari kampus Undip, sebelum aku lulus tentu banyak hal yang perlu aku simpan dalam sebuah catatan agar dapat bisa dibaca pada hari kemudian.

Catatan yang aku simpan tentunya tidak jauh dengan yang namanya dokumentasi kegiatanku bersama teman-teman. Tanpa dokumentasi aku tidak bisa berbuat banyak untuk mencatat.

Seperti yang telah aku lakukan bersama adik-adikku. Aku membagikan sedikit pengalaman selama menjadi mahasiswa fisika Undip (karena waktu sangat terbatas). Tentu jika mereka bertanya kepadaku insya Allah dengan senang hati akan menjawab keinginan mereka.

Aku paham betul diriku tidak seperti yang lain (dalam hal prestasi akademik), bisa dibilang aku tidak memiliki prestasi yang baik untuk seorang mahasiswa fisika.

Aku sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di kegiatan luar kampus terutama di Pramuka Undip. Tidak banyak pengalaman yang bisa aku bagikan jika itu urusannya dengan prestasi akademik.

Kecuali kalau pengalaman akademik tentang perkuliahan aku sendiri mempunyai banyak sekali catatan untuk semua adik-adikku yang ingin mengetahuinya.

Salinan IMG_5186 [CH]
Foto 2 : Berbagi Pengalaman

Nah. Untung saja ada salah satu temanku yang mempunyai prestasi yang sangat bagus daripada aku sendiri. Urusan prestasi dia adalah salah satu orang yang bisa menceritakan berbagai pengalaman.

Aku sendiri lebih ingin mendengarkannya, sebagai temannya aku senang bisa satu angkatan dengannya. Tentu kami mempunyai kelebihan masing-masing di bidang tertentu dan aku sendiri juga sudah menyadarinya sejak awal.

Apa pun yang kami bagikan kepada mereka itu memiliki tujuan yang baik untuk hari kemudian. Tidak ada salahnya mereka mengetahui sisi baik dan buruk dari sebuah peristiwa yang sudah pernah terjadi di masa lalu.

Adik-adikku adalah penerus kami dikemudian hari, yang mungkin jauh lebih hebat dari pada kami. Dan lagi aku juga masih sama seperti mereka (masih kuliah).

Bedanya mereka mungkin lebih pintar dariku namun tidak lebih berpengalaman dari pada aku. Aku tidak membandingkan karena itu adalah satu fakta yang jelas bagi orang-orang yang berpikir.

Satu hal yang perlu diingat oleh mereka, waktu dan kesempatan dapat membunuhnya ketika tidak ada persiapan apa pun dalam menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi.

Rasa sakit yang belum pernah mereka rasakan pastinya akan segera mereka rasakan. Mereka masih muda dan belum banyak pengalaman. Jika mereka takut gagal, maka tidak ada jalan pintas untuk bertahan hidup.

Kecuali mereka cukup bodoh untuk membohongi diri sendiri dari kenyataan yang ada. Kalimat tersebut memang cukup rumit untuk dapat dipahami oleh orang-orang yang enggan berpikir. Karena aku sudah yakin semua itu akan terjadi (tapi maaf aku bukan peramal atau dukun).

Suatu saat nanti pasti ada orang-orang yang mengerti, jadi mohon bersabar itu bukan sebuah ujian melainkan satu hak yang perlu mereka ketahui dikemudian hari.

Mungkin aku terlalu banyak membicarakan tentang sesuatu yang aneh menurut mereka tapi aku sangat yakin akan tiba saatnya “ mereka akan sadar ”. hehehe 🙂

96597[CH]
Foto 3 : Fisika 2013

Di kesempatan lain aku dan teman-teman fisika 2013 menyempatkan untuk berfoto bersama. Hanya orang-orang itu yang hadir di acara yang diselenggarakan oleh fisika 2017. Ada yang sudah lulus ada pula yang masih berusaha keras untuk lulus (seperti aku ini hehehe).

Padahal masih ada yang lain, ya sayang sekali mereka tidak sepikiran dengan kami hadir demi masa depan adik tingkat. Aku mengakui sendiri pemikiran masing-masing orang pastinya berbeda.

Aku mungkin berpikir terlalu jauh sampai hampir melupakan sesuatu yang dekat (kuliah). Tapi tidak mengapa semua yang kami pikirkan pastinya mempunyai risiko masing-masing.

Di semester 9 ini catatan akhir kuliah sudah di bagian 15, lumayan juga untuk seorang yang sibuk sepertiku ini. Mumpung aku belum sibuk aku manfaatkan untuk membuat sejarah agar dapat diingat kembali oleh generasi penerusku. Sekian dariku dan terima kasih 🙂

Catatan Akhir Kuliah #15

Salam,

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *