Memelihara Ikan Cupang, Hobi Baru Tahun 2021

Ngomongin tentang hobi, tren memelihara ikan cupang sebenarnya terjadi pada tahun 2020 lalu. Ketika musim Pandemi sedang terjadi hingga saat ini. Aktivitas orang-orang lebih banyak di habiskan berada di rumah.

Hingga saat ini saja sekolah masih melaksanakan secara daring alias belajar secara jarak jauh (online). Beberapa pekerjaan pun juga masih di rumah saja. Dari hal itulah yang mungkin menyebabkan orang-orang merasa jenuh atau bosan berada di rumah saja.

Pada akhirnya tren memelihara ikan cupang akhirnya muncul deh. Banyak orang mulai dari kalangan biasa saja sampai artis papan atas mempunyai hobi baru, salah satunya ya tentang ikan cupang.

Aku sendiri membeli ikan cupang sebenarnya karena iseng saja. Benar-benar tidak ada rencana untuk hal itu. Justru aku lebih suka merawat tanaman daripada ikan atau hewan lainnya. Berhubung harga ikan cupangnya murah hanya Rp. 5.000 per ekor, ya beli saja. Itung-itung buat hiburan untuk di kamar.

Tanggal 24 Maret 2021 tepat aku membeli ikan cupang dari seorang penjual ikan hias yang ada di Pasar. Banyak sekali ikan yang di jual, umumnya jenis ikan hias seperti ikan emas, cupang dan lainnya.

Alasanku Memelihara Ikan Cupang

  • Perawatan Mudah dan Murah

Jika Kamu bilang sulit. mungkin belum pernah belajar, minimal membaca artikel ini. Karena sejatinya ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang tangguh dan tahan penyakit. Meskipun begitu harus juga di rawat dengan memberinya makan setiap hari dan mengganti air minimal 2 hari sekali. Kalau aku sehari sekali atau air dalam wadah sudah kotor.

  • Tidak Membutuhkan Tempat Yang Luas

Ikan cupang ukurannya terbilang kecil, oleh karena itu aku tidak perlu menyiapkan tempat yang besar seperti akuarium. Cukup menggunakan cup minuman atau toples bening yang penting jangan kekecilan. Jadi, kalau membersihkannya bisa cepat. Paling hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

  • Tidak Memerlukan Aerator

Aku menyebutkan mesin pembuat gelembung udara. Aerator merupakan sebuah alat untuk memompa udara di akuarium. Fungsinya untuk menjaga suplai Oksigen di dalam akuarium tetap terjaga. Ikan cupang dapat hidup dalam kondisi normal (tanpa aerator) atau kadar Oksigen sangat sedikit.

  • Tahan Terhadap Penyakit

Seperti yang sudah aku sebutkan di awal kalau ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang tahan terhadap penyakit. Kalaupun sakit mungkin karena jamur yang menempel di tubuh si ikan cupang. Lagian jika sampai terkena penyakit jamur atau kena luka. Cukup beri saja daun ketapang secukupnya di dalam wadah atau akuarium.

Baca juga:

Manfaat

Walaupun aku membeli ikan tidak ada rencana yang jelas. Ternyata memelihara ikan cupang ada manfaatnya lho. Belum ada seminggu aku merasakan ada yang beda. Di lansir dari berbagai sumber yang ada manfaat dari ikan cupang antara lain.

  • Bisa Mengurangi Stres

Manfaat yang bisa dapat kita rasakan adalah memberikan rasa nyaman dan tenang. Aku meletakan ikan cupang di meja kerja. Kalau lagi jenuh melihat layar komputer sesekali mengalihkan pandangan ke ikan. Kalau tidak percaya cobain dulu.

Apalagi kalau ada suara gemercik air atau gelembung udara secara logika bisa membawa suasana alam di meja kerja. Sensasi tenang akan semakin terasa.

  • Menstabilkan Tekanan Darah

Menurut studi, memandangi ikan cupang di akurium bisa mengurangi stres dan menstabilkan tekanan darah. Bahkan sebagian besar dokter dan psikolog merekomendasikan para pasien untuk memelihara ikan untuk menciptakan suasana lingkungan yang santai dan tenang.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Melihat ikan cupang berwarna-warni dan berenang pada akuarium di kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Ibarat kita tuh kena hipnotis, hal ini karena ikan cupang memberi energi positif ke ruangan dan mengurangi stres menjelang tidur biar tidak datang mimpi buruk.

Memelihara ikan cupang dapat menghilangkan pikiran negatif, rasa gelisah berkurang, dan juga dapat meningkatkan konsentrasi. Kalau sudah begitu tidur lebih awal bukan lagi sebuah angan-angan saja. Tentang hal ini aku ingin membuktikannya sendiri lebih lanjut.

  • Meningkatkan Produktivitas

Bagiku ini benar, serasa aku memiliki semangat lebih untuk melakukan sesuatu di meja kerja. Konsentrasi meningkat karena memang tingkat stres menurun. Terlebih lagi kalau ada ikan hias seperti cupang di meja kerja rasanya nyaman.

  • Ruangan Menjadi Lebih Indah dan Hidup

Jelas tentang hal itu, karena memelihara ikan atau tumbuhan hias tentu menambah kesan lebih menarik jika pintar dalam mengatur suasananya. Terutama di meja kerja atau di kamar tidur.

Untuk manfaat lainnya sih ada banyak tapi aku menyebutkannya beberapa saja.

Yuk Coba Dulu…

Kalau Kamu mulai tertarik bisa banget mencoba memelihara satu saja dulu ikan cupang. Aku sudah coba beli satu ikan cupang dan inilah penampakannya.

memelihara ikan cupang hias
Kebayakan Ngasih Makan 😀

Semoga artikel ini bermanfaat ^_^

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *