Mudik atau Pulang Kampung? Pilih Saja Sesuka Kalian

Mengenai dua istilah ” Mudik atau Pulang Kampung ” kuyakin orang-orang simpel tidak perlu banyak memperdebatkannya. Aku sendiri adalah salah satu orang yang cuek akan hal itu. Jadi apa alasannya aku ingin membuat catatan tentang dua istilah tersebut?

Tentang hal itu sebenarnya hanya ingin menyampaikan pendapat menurut pribadiku sendiri. Selagi aku mempunyai kesempatan, kenapa tidak ? Sebagai pembukaan aku mengambil beberapa kalimat dari salah satu berita nasional.

Melansir halaman tempo.co menerangkan bahwa mudik merupakan pergerakan orang ke kampung yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau yang namanya pulang kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak-istrinya ada di kampung,” kata Jokowi dalam acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7 pada Rabu, 23 April 2020.

Presiden lho yang bilang, bukan orang biasa. Kalau menurut KBBI bagaimana ?

Pengertian Mudik dan Pulang Kampung berdasarkan KBBI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut KBBI, pengertian pertama Mudik adalah kata kerja untuk (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman).

Lalu pengertian kedua untuk Mudik adalah kata kerja percakapan untuk pulang ke kampung halaman.  Sementara itu, berdasarkan KBBI, “Pulang Kampung” adalah kembali ke kampung halaman.

Bingung dengan penjelasan dari Pak Jokowi atau KBBI? Jangan bingung ya. Hehehe

pilih mudik atau pulang kampung. pilihan ada di kalian sendiri
Ilustrasi warga yang mudik. M Ibnu Chazar /Antara Foto

Kalau dari aku sendiri istilah Mudik atau Pulang Kampung tujuan pastinya ya pulang ke rumah, benar kan? Terlepas dari dua istilah yang dulu sampai sekarang masih ramai diperbincangkan. Selain itu, yang membuat ramai karena adanya pelarangan dari pemerintah.

Baik tahun lalu dan sekarang tujuan dari pelarangan dari pemerintah adalah untuk mengurangi laju atau menghambat penyebaran virus korona. Aku sendiri mengetahui alasan hal itu hanya bisa geleng-geleng kepala saja.

Aku sendiri percaya virus korona itu dan dapat membunuh manusia, tapi dalam hatiku juga susah percaya dengan omongan dari pemerintah. Melihat track record kinerja pemerintah yang banyak blunder-nya. Iya kan?

Beritanya sudah banyak, tinggal baca sendiri saja.

Mudik atau Pulang Kampung?

Kalau ada yang tanya suka menggunakan istilah mana, jawaban simpelku ya apa saja deh yang penting tujuannya sampai di rumah. Karena aku sendiri tidak ingin ribet dengan hal itu.

Kalian ingin menggunakan istilah yang mana? Pokoknya terserah kalian. Karena tujuan dari catatan ini juga asal-asal sebelum pulang ke rumah. Kalau sudah di rumah biasanya susah sinyal. Hehehe

Sampai jumpa lain kesempatan di catatan berikutnya…

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *