Perkara Layanan Tagihan dan Denda

Update Terakhir: 1 Agustus 2023 Oleh Abdul Jalil

Grobogan, 24 Juli 2023 – Sudah sewajarnya membayar tagihan adalah kewajiban setiap orang yang berlangganan sebuah produk atau jasa.

Ada beberapa layanan yang saya gunakan setiap bulannya seperti listrik PLN, PDAM, telepon, dan internet. Dari empat layanan, PDAM merupakan layanan yang menurut saya masih tergolong buruk.

Sebagai pelanggan sebenarnya saya lebih banyak dirugikan. Mulai nilai pemakaian air yang tidak dicantumkan ke lembar tagihan setiap bulannya, mungkin ada kenaikan harga yang tidak diberitahukan terlebih dulu. Sampai denda tergolong terlalu besar untuk layanan yang masih belum sempurna.

Selain itu, masalah air yang sering tidak mengalir, dan kotor. Bahkan beberapa kali saya menjumpai bau kaporit terlalu menyengat.

Untuk saat ini saya belum melayangkan komplain secara tertulis kepada pihak pengelola. Bagi saya hal tersebut belum diperlukan. Saya memiliki nilai batas kewajaran suatu layanan publik.

Jika “mereka” telah melebihi batas kewajaran dalam hal kelalaian. Sudah pasti saya akan bertindak sesuai prosedur yang berlaku. Minimal mendatangi kantor mereka untuk meminta kejelasan dan solusi.

Untuk PDAM, sepengetahuan saya jatuh temponya sih tanggal 20 setiap bulannya. Tagihan bulan Juni saya sengaja tidak membayar sebelum tanggal 20, karena ingin melihat nominal dendanya.

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal (akhir paragraf 3). Mereka sepertinya hanya memikirkan diri sendiri, dan tidak berfokus pada layanan yang berkelanjutan.

Menyebalkan, tapi untuk saat ini saya memilih diam terlebih dulu sambil mengumpulkan data di lapangan. Jika mereka memberikan layanan “seenak jidat” kepada orang-orang desa, orang seperti saya bisa saya membuat keributan. Hihihi

Sudah tagihan sudah mahal, layanan masih belum sempurna, eh dendanya pun tidak “ngotak“.

Ya catatan ini hanya sekedar curhat biasa kok, dan tidak ingin menjatuhkan mereka. Kalau mereka pun tersinggung, ya minimal mikir dulu deh mengenai layanan yang sudah diberikan kepada masyarakat.

Sudah baik atau belum,

Tapi tenang, tagihan sudah saya bayar kok meskipun agak tidak ikhlas. Hihihi

Sekian dari saya, dan terima kasih untuk hari ini.

Daily Life 2023 #205

Salam,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *