Update Terakhir: 30 September 2023 Oleh Abdul Jalil
Grobogan, 22 September 2023 – Tanpa basa-basi lagi kalau hari ini sangat menyebalkan sekali. Sejak kemarin jaringan internet Telkomsel Orbit di rumah mati total. Semua itu bisa terjadi karena sistem pembayaran bermasalah ketika ingin membeli paket data bulanan.
Sudah menjadi kebiasaan ketika paket data bulanan akan habis sebelum jatuh tempo, saya sebagai pengguna akan langsung mengaktifkan paket data baru untuk satu bulan berikutnya. Saya tidak terbiasa sampai kehabisan paket data bulanan.
Namun, pada kasus saya kemarin pada pukul 22.49 WIB sistem pembayaran sepertinya ada masalah dan saya belum menyadarinya. Setelah melakukan pembayaran melalui VA BCA. Mulai dari situ muncul kecurigaan serius.
Biasanya beberapa detik setelah saya melakukan pembayaran. Secara otomatis paket data Telkomsel Orbit langsung aktif tanpa harus menunggu hingga beberapa menit, bahkan jam.
Informasi tentang riwayat pembelian paket data terbaru sudah selesai, dan invoice pun juga terbit. Kacau sekali paket data belum masuk ke aplikasi lebih dari 10 jam.
Saya menyadari hal itu, ketika melihat waktu pembayaran yang sangat aneh. Yaitu batas waktu pembayaran tidak lebih dari 1 menit. Penjelasan singkatnya sebagai berikut.
Saya melakukan transaksi di aplikasi myOrbit dan menggunakan VA BCA sebagai metode pembayaran pukul 22:49 WIB, nah di waktu yang sama 22:49 WIB adalah batas pembayarannya. Saya menyelesaikan pembayaran di waktu 22:50:59 WIB
Menyadari hal itu saya cuma cengar-cengir sambil misuh dalam hati.
Mengenai keluhan yang terjadi, saya langsung menghubungi CS Telkomsel Orbit via aplikasi myOrbit. Sayangnya, respon CS sangat lambat, padahal saya adalah antrean pertama.
Lebih dari 15 menit tidak ada balasan dari CS dan di waktu yang sama saya juga menghubungi CS via X. Hasilnya masih mending, meskipun kudu sabar menjelaskan keluhan yang terjadi.
Sesuatu yang menyebalkan adalah menunggu. Setiap 2 jam sekali saya menanyakan keluhan apakah sudah diselesaikan atau belum. Bahkan sampai catatan ini saya tulis (20:47 WIB).
Beberapa bulan lalu sempat juga terjadi keluhan yang sama mengenai pembelian paket, tapi masih mending setelah bayar paket data langsung aktif, tapi tidak untuk hari ini.
Jika keluhan saya tidak selesai dalam waktu 1×24 jam, tentu semakin menyebalkan sekali. Gara-gara sistem pembayaran bermasalah di aplikasi myOrbit, saya rugi waktu dan materi hingga jutaan rupiah sebagai pelanggan setia Telkomsel Orbit.
Sebenarnya saya terpaksa menggunakan Orbit karena layanan internet kabel fiber optik belum masuk sampai ke desa saya (desa sebelah sih sudah).
Sekarang saya tidak tahu harus melakukan apa lagi selain menanyakan perkembangan paket data Telkomsel Orbit yang belum masuk melalui CS. Besok hari Sabtu dan rasanya pesimis mereka bisa menyelesaikannya.
Ah sudahlah, pada akhirnya saya mengandalkan jaringan internet cadangan (XL) untuk mengunggah catatan ini. Terpaksa saya harus menulis terlebih dulu menggunakan Word.
Saya sangat berharap kejadian sistem pembayaran bermasalah seperti hari ini di aplikasi Telkomsel Orbit tidak terulang lagi. Capek kalau harus berurusan dengan CS lagi.
Sekian dari saya, dan terima kasih untuk hari ini.
Daily Life 2023 #265
Salam,