Sudah Nyaman dengan Sistem Pascabayar

Update Terakhir: 7 Oktober 2023 Oleh Abdul Jalil

Grobogan, 29 Mei 2023 – Bagi pembaca lama blog ini pasti sudah tahu atau orang-orang yang pernah menyimpan nomor pribadi saya. Bahkan dalam bulan ini juga sempat curhat mengenai persoalan tagihan pascabayar.

Bisa jadi di catatan ini akan menambahkan sedikit pengetahuan kalian mengenai kenyamanan sistem pascabayar yang ada di Indonesia. Namun perlu saya tekankan lagi sistem pascabayar ini tidak cocok untuk semua orang. Jadi, buat kalian kaum mendang-mending jangan sekali-kali mengubah nomor prabayar ke pascabayar.

Berikut ini biar mudah dibaca oleh kalian, saya akan berikan beberapa poin tentang kenyamanan sistem pascabayar.

Daftar Isi

1. Minim SMS Spam atau SMS Promosi Operator

Saya membuktikan dan membandingkan sendiri SMS yang masuk, baik itu resmi dari operator selular, spam, dan penipuan. Saya menggunakan 2 nomor prabayar yaitu Telkomsel dan Indosat, dan 1 nomor pascayabar XL Axiata.

Di bawah ini saya juga sajikan tabel sederhana dan data ini tidak bisa menjadi patokan. Karena saya yakin setiap pengguna pasti mendapatkan jumlah promosi yang berbeda-beda tiap operator. Selain itu, waktu pengambilan data juga secara berurutan mulai tanggal 21 sampai dengan 28 Mei 2023.

OperatorSMS PromosiSMS Spam
Telkomsel192
Indosat276
XL30
Perbandingan SMS Promosi dan Spam Antar Operator

Saya yakin ada yang tidak percaya dengan data di atas, karena data tersebut hanya sebatas data biasa dan tidak penting juga untuk orang-orang seperti kalian. Hihihi

Selain itu juga nomor pascabayar saya akui promosinya lebih sedikit dibandingkan dengan prabayar. Paling sering saya menjumpai promosi diskon paket booster (paket tambahan kalau paket utama sudah habis). 20GB saja saya tidak pernah habis, mana mungkin untuk sekarang ini beli booster. Hihihi

Entah kalau dari sudut pandang orang lain, mengenai SMS promosi tergolong mengganggu atau biasa saja, saya tidak pernah tahu. Kalau menurut saya sendiri tergolong nyaman menggunakan pascabayar. Karena tidak banyak SMS promosi unfaedah dan biasanya promosinya itu masuknya di lembar tagihan bulanan.

2. Dapat Diisi Pulsa

Tentang hal itu benar adanya kalau menggunakan pascabayar khususnya XL, dan untuk operator lainnya saya belum mengetahui. Karena setahu saya fitur isi pulsa (Prio FLEX) itu sebagai fitur tambahan jika ingin membeli paket booster, atau bisa juga untuk bayar tagihan bulanan.

Kalau ada uang bulanan sisa, biasanya saya belikan pulsa, itung-itung nyicil bayar tagihan bulanan. Tapi minimal isi pulsanya harus Rp 25rb, kalau kurang itu tidak akan bisa masuk. Walaupun saya tergolong manusia yang hampir tidak pernah lupa bayar tagihan, fitur tersebut bagi saya sangat bermanfaat sih. Pascabayar rasa prabayar. Hihihi

3. Transparan

Semua penggunaan limit pascabayar dan harga paket data sudah diberitahu sejak awal. Bagi saya yang sanggup meluangkan waktu untuk membaca informasi dan tidak malas membaca, saya pribadi tidak merasa ditipu oleh operator. Sementara ini pengeluaran bulanan masih aman dan terkendali tanpa menyentuh limit sedikit pun.

Jadi pengeluaran bulanan untuk keperluan komunikasi dapat saya atur dengan baik dan pasti tidak akan melebihi limit. Karena sampai saat ini saya mengatur limit bulanan mentok di Rp 130rb per bulan dan masih setia dengan paket Silver X. Hihihi

Ya itu saja sih yang perlu saya tulis untuk hari ini. Sebenarnya masih banyak, tapi buat kalian pelanggan prabayar tidak perlu banyak tahu. Jujur saja, layanan pascabayar itu sangat tidak cocok untuk pelanggan yang terbiasa menggunakan sistem prabayar. Saya pindah layanan karena sebelumnya sudah mencari informasi terlebih dulu biar tidak ada penyesalan.

Jika ada yang perlu kalian tanyakan, tinggal tanya saja lewat media komunikasi yang sudah tersedia di blog ini.

Sekian dari saya, dan terima kasih!

Daily Life 2023 #149

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *