7 Tips Menghindari Petir Ketika Hujan Lebat + Gambar [2020]

Taukah kamu menghindari sambaran petir bukan merupakan langkah yang sulit untuk dilakukan oleh kita. Seperti yang kita ketahui petir adalah salah satu fenomena alam yang biasa terjadi berbarengan dengan hujan lebat.

Fenomena alam seperti petir yang menyambar bumi itu khususnya tempat yang memiliki ketinggian yang cukup dengan sumber petir itu sendiri. Secara alami petir akan mencari tempat yang tinggi seperti gedung pencakar langit, tower sutet, atau pohon.

Lalu bagaimana kita menghindari petir saat hujan lebat? Itulah pertanyaan yang sering muncul dipikiran kita. Selama mengetahui cara yang tepat dan aman, kita akan selamat dari sambaran petir

Disini akan dibahas secara ringan, jelas dan di lengkapi dengan gambar ilustrasi yang menarik.

Berikut tips-tips menghindari petir ketika hujan lebat tiba:

1. Segera masuk ke dalam ruangan untuk menghindari petir

tips menghindari petir ketika hujan lebat tiba
“Jangan diluar dan segera masuk ruangan”

Karena sejatinya petir cenderung menyambar tempat yang terbuka, memiliki permukaan yang tinggi untuk melepaskan energi ke permukaan bumi. Oleh itu jika kita berada di tempat terbuka entah itu lapangan atau sawah segara mencari tempat berlindung (rumah adalah pilihan terbaik).

2. Hindari genangan air, contoh seperti kolam renang

menghindari kolam agar tidak terkena sambaran
“Jangan berenang ketika hujan lebat”

Secara ilmiah air merupakan salah satu penghantar listrik yang baik selain logam. Molekul air yang lebih padat daripada udara memberikan efek yang hampir mirip ketika kita tersetrum kabel listrik. udah pernah kesetrum listrik tegangan 220 V?

Seperti yang kita ketahui permukaan kolam renang terlihat terbuka, luas dan datar memudahkan petir untuk menyambar bumi, apalagi ketika hujan lebat tiba. Ingat hujan itu air bukan kenangan.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

3. Jangan sekali-kali berlindung di bawah pohon. Mengapa harus menjauh dari pohon ketika hujan lebat?

Pohon dapat mengalirkan energi
“Segera menjauh dari pohon”

Salah satu alasan kuat mengapa kita harus menjauh dari pohon ketika hujan ya karena untuk menghindari sambaran petir. Pohon yang tinggi memiliki peluang besar menjadi tempat petir akan menyambar.

Terlebih lagi ketika petir dengan hujan dalam satu waktu, secara otomatis kita berada dibawahnya akan terkena efek medan listrik yang sangat besar. Lebih parahnya kita terkena secara langsung aliran petir itu sendiri. Fatal akibatnya!

4. Mengapa harus menghindari tiang listrik atau menara agar tidak tersambar petir?

menghindari tiang listrik agar tidak terkena sengatan listrik.
“Namanya aja tiang listrik”

Jawabanya mudah sekali. Jika pohon saja bisa dengan mudah disambar petir, sama halnya dengan tiang listrik dan menara yang memiliki ketinggian. Ya sudah pasti menjadi tempat yang rawan untuk disambar oleh petir.

Tiang listrik sendiri ketika hujan (baik gerimis atau lebat), didekatnya pun kita tidak boleh. Karena peluang untuk tersentrum aliran sangat besar sekali. Apalagi air adalah bisa menghantarkan listrik.

5. Tempat terbuka menjadi peluang terbesar petir menyambar. Mengapa?

Sawah merupakan tempat favorit untuk melepaskan energi tinggi
“Segera pulang”

Itu karena petir memerlukan area yang luas dan cenderung memiliki ketinggian. Ketika aliran elektron (muatan negatif) mengalir menuju ke titik tertinggi suatu tempat. Dimana proton (muatan positif) telah berkumpul karena adanya tarikan petir.

Koneksi yang terjadi antara elektron dan proton berlangsung sangat cepat sehingga menyebabkan sambaran petir ke tanah, pohon, atau tiang.

6. Mengapa harus berhentilah ketika hujan lebat mulai turun?

Mencari tempat berlindung dari sambaran adalah hal utama
“Lebih baik berhenti daripada cari mati”

Alasan utamanya jelas untuk keselamatan diri kita sendiri. Ketika hujan lebat tiba jarak pandang akan semakin pendek.

Bila kita mengendarai motor / sepeda jalanan terbuka (jalan persawahan, ladang, atau lainnya). segera mencari tempat perlindungan yang aman dari sambaran petir.

Jika tetap nekat mengendarai kendaraan dalam posisi hujan lebat di tempat terbuka, besar kemungkinan akan tersambat petir.

7. Berada didekat tempat petir menyambar sama bahayanya dengan tersambar petir. Mengapa ?

jangan dekat-dekat dengan sumber energi
“Jauhan dulu itu lebih baik”

Satu sambaran petir tunggal saja bisa menaikkan temperatur lebih dari 20.000 derajat celcius. Sudah bisa dibayangkan bagaimana panasnya petir itu. Terlebih lagi disekitar petir terdapat aliran medan listrik.

Nah itu alasannya jika kita berteduh luar ruangan seperti halte bus atau sebagainya. Mengatur (minimal sadar diri) untuk menjaga jarak dengan orang lain (orang yang terdekat dengan kita).

Namun, tempat paling aman ya kita berada didalam rumah atau ruangan yang memiliki penangkal petir (rekomendasi).

Nah itu tips-tips yang bisa kalian aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat ^_^

Jika ingin membaca berbagai artikel seputar pengetahuan menarik lainnya. Silahkan kunjungi website Hiroeshy.com

Salam,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *