Upgrade RAM 8 GB Laptop HP Pavilion Sleekbook 14”

Update Terakhir: 24 Agustus 2021 oleh Abdul Jalil

Kediri, 24 Agustus 2021 – Catatan kali ini bercerita tentang keinginan saya untuk upgrade RAM (Random Access Memory) laptop pribadi yang sudah berumur kurang lebih 8 tahun pemakaian. Umur yang sudah lumayan tua untuk ukuran teknologi laptop. Sekedar informasi saja laptop saya masih menggunakan CPU (Central Processing Unit) core i generasi ketiga.

Spesifkasi RAM bawaan dari pabrik hanya 2 GB, yang mana pada saat itu (tahun 2013) saya memutuskan untuk membeli sebuah laptop baru untuk menunjang kebutuhan saat kuliah. Namun, saat ini teknologi sangat berkembang membuat laptop 2 GB saya sudah seperti “seorang veteran”.

Banyangkan saja teknologi CPU khususnya teknologi dari Intel sudah berada di generasi 12 (prakiraan tanggal rilis perdana antara bulan Oktober-November 2021). Sedangkan saya saat ini masih setia menggunakan Intel core i generasi ketiga.

Selama menggunakan laptop dengan RAM 2 GB saya sendiri harus selalu sabar dan loyal. Laptop lemot dan kinerja tidak sangar sudah menjadi teman saya selama 5 tahun terakhir. Laptop saya tidak mampu untuk menjalankan program dengan baik secara bersamaan (akses web browser+aplikasi lainnya). Bahkan ketika mengakses web browser hanya mampu membuka 2 tab saja. Jika lebih dari itu, pasti akan “ngambek”.

Web browser yang ada saat ini (khususnya Google Chrome) adalah salah satu aplikasi rakus RAM. Laptop saya masuk golongan “entry level” dengan spesifikasi RAM 2GB dan Intel Core i3 3217U. Tidak mampu mengendalikan kerakusan “Chrome” yang banyak sekali mengambil sumber daya RAM. Ditambah lagi ada bagian harddisk yang mengalami “bad sector“. Parah deh pokoknya…

Alhasil saya sendiri tidak bisa berbuat banyak ketika menggunakan laptop dengan RAM hanya 2 GB. Mentok saya hanya gunakan untuk pekerjaan ringan seperti nge-blog, nulis, bikin laporan keuangan. Selebihnya saya hanya bisa tersenyum. 🙂

Memutuskan Untuk Beli RAM 8 GB

Sebelum ganti atau upgrade RAM, saya harus mengecek spesifikasi dari RAM terlebih dulu menggunakan aplikasi CPU-Z. Ketika nantinya tanya penjual stok ketersediaan, jadi bisa paham mengenai spesifikasi RAM yang akan saya beli.

Tidak lupa juga saya mengecek spesifikasi dari CPU laptop HP Pavilion Sleekbook 14″, karena di sana ada informasi tentang kapasitas maksimal RAM. Di bawah ini contoh informasi maksimal RAM untuk Intel Core i3 3217U.

spesifikasi RAM maksimal untuk Intel core i3 2317U
Maksimal 32 GB

Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari CPU Intel core i3 3217U atau prosesor Intel lainnya silahkan cek di link berikut ini: https://ark.intel.com/

Setelah memastikan CPU aman untuk menambah RAM 8 GB di slot kedua. Saya memutuskan untuk membeli RAM 8 GB di salah satu e-commerce. Alhamdullah saya dapat harga Rp. 389.000 (sudah termasuk diskon, ongkir dan pengaman tambahan). Nantinya kapasitas RAM di laptop saya akan menjadi 10 GB (sangat cukup untuk kegiatan sehari-hari).

penampakan RAM 8 GB dari Samsung
Penampakan RAM 8 GB

Barang yang saya inginkan sudah dapat, tinggal pasang saja ke slot kedua. Namun, saya tidak bisa memasangnya sendiri mengingat letak slot RAM laptop mengharuskan untuk membongkar unit (mulai dari papan ketik dan sebagainya). Jadi, saya harus mendatangi tukang servis laptop dan terima jadi saja.

Selesai Upgrade, Begini Hasilnya

Sudah Sukses Terinstall

Hasil sudah dapat terlihat dengan jelas, sekarang saya memiliki laptop dengan kapasitas RAM sebesar 10 GB. Alhamdulillah, sudah cukup untuk memberikan kepuasan tersendiri setelah kurang lebih 8 tahun bekerja dengan tenaga 2 GB saja.

Baca juga:

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *