Update Terakhir: 11 Februari 2024 Oleh Abdul Jalil
Tahukah kalian, jika layanan pascabayar hanya untuk kalangan tertentu saja yang nyaman menggunakan sistem pakai dulu bayar nanti. Nah, Review jujur XL Prioritas kali ini khusus saya buat untuk kalian.
Kenapa saya katakan ini “khusus”? Karena yang membaca artikel ini tentu sedang mencari pengalaman orang lain yang pernah menggunakan layanan serupa.
Karena saya tidak terikat kontrak iklan dengan XL. Sebisa mungkin saya akan memberikan pengalaman sejujur-jujurnya kepada kalian.
Sebelumnya itu saya juga sudah mengulas artikel yang sama ( yaitu 1 bulan pemakaian) dan saya akui suka. Silakan baca artikel ini jika belum membacanya di sini.
Nomor Hanya 10 Digit
Selama pemakaian saya benar-benar menikmati layanan pascabayar dari XL Prioritas. Tidak sedikit orang awam, atau pengguna lain yang menyadari bertanya “kok nomornya cuma 10 sih“.
Lalu saya jelaskan secara singkat mengapa bisa mendapatkan nomor 10 digit. Meskipun bukan nomor premium (0818), untuk mendapatkan nomor 10 digit relatif susah kalau pesan melalui situs resminya.
Berhubung saya sekarang menggunakan pascabayar, tidak pernah lagi khawatir akan kehabisan pulsa atau paket data.
Karena paket yang tersedia sudah sangat mencukupi untuk 1 periode tagihan (tanggal 16 s.d 15 bulan berikutnya).
Saya menggunakan paket Silver X, untuk detailnya sebagai berikut.
Satu-satunya yang saya keluhkan hanya masalah BTS XL yang terlalu jauh dari rumah. Akibatnya saya tidak pernah mendapatkan sinyal 4G (full bar) saat di dalam rumah.
Terkadang sinyal menghilang tanpa pamit, dan tiba-tiba datang lagi dengan kekuatan sinyal yang sangat lemah (1 bar).
Saya bisa maklum mengingat lokasi rumah dan tower BTS XL yang tergolong jauh. Untuk itu, saya memanfaatkan perangkat modem yang terkoneksi jaringan Telkomsel (Orbit).
Hanya tinggal menunggu waktu saja, penguatan bandwidth jaringan XL bisa sampai di desa. Syukur-syukur bisa ada yang bangun tower. Hihihi
Review jujur ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar kalian bisa sedikit mengetahui tentang layanan XL Prioritas itu seperti apa dan bagaimana.
Jadi, kalian tidak perlu khawatir mengenai layanannya jelek atau bagus. Semua itu tergantung sama letak geografis.
Oh iya, saya ingin bilang kalau tidak sedikit orang masih berpikir layanan pascabayar itu mahal. Kalau menurut saya relatif, karena tergantung dengan paket yang kalian pilih, dan kebutuhan sehari-hari.
Untuk setiap 1 periode tagihan saya hanya mengeluarkan biaya minimal Rp 88.800 (sudah termasuk PPN 11%).
Tidak ada biaya tambahan yang disembunyikan, semua biaya penggunaan akan terlihat di lembar tagihan bulanan.
Selama ini saya beberapa pernah menggunakan saldo pascabayar untuk keperluan beli aplikasi premium di Google Play Store, dan limit tagihan tidak akan melebihi Rp.130rb.
Apa sih Manfaat Saldo Pascabayar?
Manfaat dari saldo pascabayar cukup beragam mulai dari untuk beli atau berlangganan aplikasi premium, beli booster, dan paket lainnya selain pekat utama.
Saldo pascabayar untuk myPRIO Silver X nominalnya Rp50rb, yaitu hasil dari pengurangan batas maksimal tagihan dengan harga paket Silver X Rp80rb.
Semisal saldo pascabayar kurang. Masih ada fitur lainnya di myXL yang mungkin tidak dijumpai di operator lainnya. Yaitu Saldo PRIO Flex.
Fitur tersebut merupakan salah satu keunggulan dari XL, yang mana nomor bisa diisi pulsa reguler dengan minimal pengisian Rp 25rb.
Informasi tambahan jika masih ada sisa saldo PRIO Flex di akhir periode tagihan. Maka saldo tersebut akan digunakan untuk membayar sebagian tagihan periode pemakaian terakhir.
Sayangnya saldo tersebut sebelum digunakan untuk membayar tagihan akan dipotong pajak 11%. Bisa dibilang dalam 1 tagihan, pengguna akan dikenakan pajak sebanyak 2x.
Tapi kalian tidak perlu khawatir. Semua penggunaan saldo pascabayar dan PRIO Flex tercatat di lembar tagihan.
Orang yang malas membaca, pasti hanya bisa ngomel-ngomel di media sosial dan menyalahkan provider. Jadi, sebelum menggunakan layanan, pastikan dulu membaca syarat dan ketentuan berlaku.
Baca juga:
Review Jujur XL Prioritas Ini Hanya untuk Pemula!
Saya perlu menegaskan sekali lagi, review ini hanya untuk pemula. Kalau untuk pengguna yang sudah berpengalaman menggunakan layanan pascabayar, tentu memiliki pendapat sendiri.
Selain itu yang sering menjadi pertanyaan adalah masalah kecepatan transfer data (bandwidth).
Apakah dapati dibuktikan jaringan pascabayar itu menjadi prioritas daripada jaringan prabayar?
Untuk saat ini saya bisa bilang “YA” sesuai klaim dari operator, dengan catatan perangkat penerima sinyal yaitu smartphone dalam kondisi normal.
Karena saya membuktikan sendiri perbedaan menggunakan layanan prabayar dan pascabayar. Sampai saat ini saya juga masih menggunakan keduanya.
Saya ingatkan sekali lagi untuk hasil, kenyamanan bisa berbeda tergantung letak geografis, dan juga kondisi perangkat.
Jika ada masalah mengenai layanan XL Prioritas kalian bisa menghubungi call center XL Axiata 817 atau 818. Mudah bukan?
Jadi, jangan marah-marah dulu. Karena setiap perusahaan telekomunikasi pastinya ingin memberikan layanan yang terbaik untuk setiap pelanggan.
Jadilah pelanggan yang bijak!
Sementara itu dari saya, jika ada tambahan mungkin lain kesempatan saya akan menambahkan ulasan atau kalian bisa kirim pertanyaan melalui kolom komentar. Terima kasih
Salam,
Catatan: Artikel ini ditulis sebelum genap 2 tahun pemakaian, dan akan disesuaikan untuk selama-lamanya.