Review Telkomsel Orbit Star 3: Akhirnya Bisa Internetan

review telkomsel orbit

Update Terakhir: 29 Maret 2022 Oleh Abdul Jalil

Pada awal tahun ini, akhirnya saya memiliki kesempatan untuk review langsung Telkomsel Orbit Star 3. Saya memutuskan untuk membeli sebuah modem router (saya menyebutnya gitu). Karena untuk menunjang kebutuhan internet saat di rumah.

Lokasi rumah saya di pedesaan yang belum tersedia layanan internet kabel seperti IndiHome. Rasa-rasanya Telkomsel Orbit memang bisa menjadi salah satu solusi.

Sebelum saya memutuskan untuk beli modem. Saya melihat di lingkungan sekitar rumah sudah ada beberapa yang memasang tiang penerima sinyal internet, bahkan di rumah adik saya sudah memasangnya.

Jika saya tidak memutuskan untuk beli modem tentu saja akan kerepotan sendiri kedepannya, karena tethering dari hp jelas bukan pilihan yang tepat.

Sekilas tentang Telkomsel Orbit yang saya ketahui adalah sebuah layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan selular terbaik, serta paket data yang bisa di gunakan tanpa perlu berlangganan.

Ada beragam model Telkomsel Orbit yang ada di pasaran mulai dari 400rb-an hingga 2 jutaan. Saya beli sesuai dengan kebutuhan yaitu mendukung port antena eksternal. Kalau jadi, saya nanti ingin pasang antena eksternal setinggi 10-15 meter dari permukaan tanah.

Memilih Modem Telkomsel Orbit Star 3

Setelah melakukan beberapa perbandingan, saya membeli Telkomsel Orbit Star 3 tanggal 1 Januari di Tokopedia yang sudah termasuk 2 antena tambahan. Untuk harganya sendiri saat saya membeli Rp. 699.000 (belum termasuk ongkir).

Karena saya belinya di Tokopedia dengan menggunakan kode promo dan diskon gratis ongkir hingga Rp. 20rb, saya cukup membayar Rp. 681.000 saja. Lumayan lah dapat diskon. Hihihi

Telkomsel Orbit Star 3

Pengiriman cepat, packing rapi dan dilengkapi bubble wrap untuk nambah keamanan pesanan. Saya menerima paket pada tanggal 5 Januari 2022 dan langsung unboxing dong. Kotak kardusnya lumayan besar, ya wajar sih modemnya juga besar.

Oh iya buat kamu yang ingin beli modem tersebut bisa melalui website resminya di MyOrbit.id jika tidak ingin beli di e-commerce.

Di paket pembelian Telkomsel Orbit Star 3 saya mendapatkan beberapa item antara lain:

  • Modem Telkomsel Orbit Star 3 ZTE MF283U
  • AC Adaptor
  • Kartu Perdana Telkomsel Orbit (termasuk bonus 150 GB selama 6 bulan)
  • 2 buah antena
  • Kartu Garansi
  • Kartu Ucapan

Berikut penampakan modem yang sudah saya beli dan beberapa item lainnya:

Fitur utama pada Telkomsel Orbit Star 3 ini adalah:

  • Rata-rata kecepatan modem hingga 15Mbps
  • Ganti nama & password WiFi melalui aplikasi
  • Cek pemakaian paket data secara berkala
  • Pemasangan modem mudah melalui aplikasi

Selain itu spesifikasi dari modemnya itu sendiri ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan antara lain:

  • Bisa multi pengguna hingga 32 pengguna secara bersamaan
  • Kecepatan up to 15 Mbps
  • Teknologi WiFi 2,4 GHz
  • 4G LTE Cat4
  • Teknologi selular 2×2 MIMO LTE
  • 4 LAN port RJ45
  • Slot USB
  • Tombol on/off, WPS, dan Reset

Buat kamu yang pesan Telkomsel Orbit jangan kaget ya ketika membuka kartu perdana tidak ada kartu sim-nya. Karena kartu sim sudah terpasang di modemnya

Baca juga:

Penawaran Terbatas

Kalau ngomoning soal harga paket data Telkomsel Orbit. Setiap pembeli akan mendapatkan harga penawaran khusus selama 3 bulan pertama pemakaian.

Paket DataMasa BerlakuHarga
10 GB7 HariRp 20.000
30 GB30 HariRp 65.000
50 GB30 HariRp 80.000
100 GB30 HariRp 130.000
Harga Paket Data 3 Bulan Pertama

Nah, selama 6 bulan akan mendapatkan 150 GB paket data (per bulan 25 GB). Untuk bisa mendapatkan paket data gratis cukup melakukan pembelian minimal Rp 20rb untuk bulan berikutnya. Oh iya untuk harga paket di bulan ke-4 daftarnya ada di bawah ini.

Paket DataMasa BerlakuHarga
10 GB7 HariRp 30.000
35 GB30 HariRp 80.000
70 GB 30 HariRp 130.000
100 GB 30 HariRp 175.000
150 GB 30 HariRp 250.000
250 GB 30 HariRp 400.000
Harga Paket Data Bulan ke-4

Aktivasi Internet Telkomsel Orbit

Saya melakukan proses aktivasi secara penuh untuk internet dan modem. Menurut saya tergolongan cepat dan tidak ribet. Ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk bisa mengaktifkannya. Karena di modem Telkomsel Orbit Star ini bisa aktivasi secara mandiri.

Saat modem sudah menyala, kita harus mengaktifkan internet melalui aplikasi Orbit yang dapat diunduh di Google Playstore. Untuk pengguna iPhone, seharusnya juga sudah tersedia di store (tapi saya tidak tau juga).

Kemudian, lakukan aktivasi kartu sim dengan menggunakan NIK, nomor KK seperti pertama kali beli kartu perdana dan pastikan NIK tidak terdaftar 3 nomor Telkomsel. Setelah berhasil maka kartu akan aktif, kuota bonus 25 GB (bulan pertama) di paket penjualan akan masuk dan internet dapat langsung digunakan.

Ada sedikit tips untuk kamu yang berminat membeli modem Orbit, ketika kamu ingin membuat akun aplikasi Orbit pastikan sudah membeli modemnya terlebih dulu ya. Jangan registrasi terlebih dulu, nantinya kamu tidak bisa melakukan aktivasi. Gunakan email Google yang belum terdaftar untuk aktivasi (agar proses aktivasi lebih cepat).

Pengalaman Pertama Menggunakan Internet Telkomsel Orbit Star 3

review telkomsel orbit star 3
Modem Orbit Sudah Menyala

Saya akui belum seminggu menggunakan internet modem Orbit Star 3. Nantinya ingin menulis lebih lanjut tentang pengalaman saya menggunakan perangkat tersebut. Posisi sekarang saya masih di Kediri yang mana jaringan internet lumayan bagus, dekat dengan BTS (Base Transceiver Station).

Tentang Kecepatan Internet

Menurut saya masalah kecepatan internetnya lumayan bagus dan relatif. Modem Telkomsel Orbit ini menggunakan jaringan Telkomsel. Kalau lokasi dekat dengan BTS ya kecepatan internet dan latensi juga akan bagus.

Lumayan Speedtest.net

Beda banget kan ya dengan hasil dari beberapa Youtuber dan blogger yang sudah review duluan. Meskipun jarak BTS hingga lokasi saya ini tidak lebih dari 2 km, hasilnya ya memang segitu. Itu bukan karena perangkatnya.

Karena saya test kecepatannya di dalam kamar pribadi full dinding tembok dengan ketebalan sekitar 13-15 cm. Saya memang sengaja test speed di lokasi yang tertutup, agar saya tau bagaimana performa antena penerima sinyal yang terpasang di modem Orbit.

Kestabilan Koneksi

Menurut saya tentang hal ini adalah salah satu kekurangan dari Telkomsel Orbit, karena jaringan sering terputus tiba-tiba terus nyambung lagi. Hal tersebut bisa saya rasakan ketika sedang bermain game Pokemon Go. Sangat terlihat jelas ketika sinyal hilang entah kemana, karena pasti akan muncul notifikasi.

Mungkin karena modem yang saya beli adalah versi harga rata-rata dan masih menggunakan jaringan LTE Cat4, beda cerita kalau modem yang mahal sudah pasti menggunakan jaringan LTE Cat6.

Apakah Modem Telkomsel Orbit Pilihan Terbaik?

Jawaban saya “relatif“, kembali menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Lagian pengalaman saya menggunakan Orbit belum ada seminggu. Mungkin artikel ini lebih cocok sebagai apa yaa? Yaa pokoknya gitu deh. Hihihi

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan

  • Pemasangan dan aktivasi bisa dilakukan secara mandiri.
  • Modem Telkomsel Orbit cukup terjangkau mulai dari Rp 400 ribuan sampai Rp 2 jutaan.
  • Menggunakan jaringan real 4G LTE milik Telkomsel.
  • Dapat memilih modem dengan port antena eksternal.
  • Terdapat garansi kepuasan pelanggan 100 % pengembalian uang (hanya untuk pembelian melalui website resmi).
  • Harga paket data tergolong murah untuk 3 bulan pertama.
  • Paket data tidak dibagi-bagi.
  • Gratis paket data 150 GB selama 6 bulan.
  • Tersedia port LAN untuk koneksi internet menggunakan kabel RJ45.
  • Dapat digunakan hingga 32 dan 64 pengguna secara bersamaan.
  • Masa aktif kartu hingga 1 tahun, diperpanjang secara otomatis saat membeli pulsa/paket data.

Kekurangan

  • WiFi terkadang suka putus nyambung.
  • Beberapa modem Telkomsel Orbit masih menggunakan LTE Cat4 (Orbit Star A1, Star Lite, Star 2 dan 3). Berbeda dengan modem harga Rp 1 jutaan (versi pro dan max) sudah menggunakan LTE Cat6.
  • Pilihan paket data kurang banyak.
  • Belum tersedia pilihan paket data unlimited.

Nantikan review saya selanjutnya tentang pengalaman menggunakan Telkomsel Orbit Star 3. Buat kamu yang butuh modem internet Telkomsel Orbit dan ingin juga mendapatkan kouta gratis 5 GB kunjungi saja link berikut https://myorbit.id/id?r=ABD1OYZ

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.