Kartu Kredit BRI Tokopedia Card Bebas Iuran Tahunan Selamanya

Kartu Kredit Tokopedia Card

Update Terakhir: 15 Mei 2024 Oleh Abdul Jalil

Bagi sebagian orang, menggunakan kartu kredit merupakan sesuatu yang menyenangkan, apalagi pemula seperti saya ini. Karena bisa dibilang, kartu kredit BRI Tokopedia Card ada fasilitas bebas iuran tahunan selamanya.

Biasanya pengguna kartu kredit hanya digratiskan biaya tahunan di tahun pertama saja. Setelahnya akan dikenakan sesuai jenis kartu dengan cara (tukar poin/reward), atau transaksi minimal. Untuk nominal transaksi minimal juga biasanya tidak sedikit.

Saya pernah mendengarnya ada yang minimal Rp20 juta, ada pula yang sampai ratusan juta rupiah. Karena saya benar-benar tergolong sebagai pemula, tentu saja memilih kartu kredit bebas iuran tahunan dengan syarat yang mudah.

Selama mencari referensi di internet, saya diberikan 2 pilihan dari BRI. Yaitu kartu OVO U Card dan Tokopedia Card. Bahkan OVO U Card bisa bebas iuran tahunan tanpa syarat.

Tapi saya lebih memilih Tokopedia Card, karena faktor ekosistem dan memiliki lebih banyak keunggulan. Untuk bisa bebas iuran tahunan harus memenuhi syarat minimal transaksi yang wajib dipenuhi.

Syarat Bebas Iuran Tahunan Tokopedia Card

Mengutip informasi dari situs resmi kartu kredit BRI. Syarat bebas iuran tahunan (annual fee) yaitu dengan minimal 3x transaksi per bulan.

Pasti ada yang bertanya nominalnya berapa Rp untuk setiap transaksi?

Saya sering banget membaca komentar di kanal-kanal YouTube. Asli sumpah, rasanya gemas sendiri membaca komentar dari warganet. Ya maklum lah warga Konoha yang rata-rata IQ-nya hanya 76 saja. Hihihi

Padahal di videonya sudah jelaskan secara detail dan jelas. Kalau ingin bebas iuran tahunan kartu kredit itu tanpa minimal belanja berapa rupiah (artinya Rp1 pun bisa).

Dengan catatan harus ada transaksi dalam 1 bulan sebanyak 3 kali di semua jenis toko yang menyediakan metode pembayaran kartu kredit.

Ingat! Harus dilakukan setiap bulan dalam 1 tahun terakhir, dan tidak boleh ada 1 pun bulan yang terlewat. Saya akan berikan contoh.

Transaksi atau tagihan rutin yang pasti Hiro dan Una lakukan setiap bulannya sebagai berikut:

  • Listrik PLN (pascabayar) Rp20rb s.d. Rp30rb
  • Tagihan seluler XL Prioritas Rp88rb s.d. Rp130rb
  • PDAM Rp30rb
  • Internet/ISP Rp131rb s.d Rp250rb
  • Belanja atau jajan di minimarket Rp3rb s.d. Rp100rb
  • BBM RON 92 Rp20rb s.d. Rp50rb

Contoh A

Hiro menggunakan kartu kredit BRI sudah 1 tahun lamanya, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2023. Di tahun 2025 nanti Hiro akan kenakan iuran tahunan pada 15 Januari (tanggal cetak tagihan) jika tidak memenuhi syarat.

Setiap bulan selama 1 tahun terakhir Hiro selalu membayar tagihan wajib seperti PLN, PDAM, dan Internet dengan menggunakan kartu kredit.

Terkadang Hiro juga menggunakannya untuk beli BBM, bayar tagihan seluler, jajan receh di minimarket yang nominalnya tidak lebih dari Rp10rb.

Jika diasumsikan setiap bulan terdapat 5x transaksi. Maka total transaksi dalam 1 tahun terakhir adalah 60x transaksi yang sudah dilakukan oleh si Hiro.

Contoh B

Una menggunakan kartu kredit BRI sudah 1 tahun lamanya, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2023. Di tahun 2025 nanti Una akan kenakan iuran tahunan pada 15 Januari (tanggal cetak tagihan).

Setiap bulan selama 1 tahun terakhir Una membayar tagihan wajib seperti PLN, PDAM, dan Internet dengan menggunakan kartu kredit. Namun, di bulan Agustus 2024 saya hanya membayar PLN dan PDAM saja.

Karena pada bulan itu Una sedang malas membayar tagihan internet melalui kartu kredit, jajan dan beli bensin pun bayarnya selalu menggunakan uang tunai.

Jadi, selama bulan Agustus 2024 Una hanya melakukan 2x transaksi saja menggunakan kartu kredit. Selain bulan tersebut, transaksi yang sudah dilakukan lebih dari 3x.

Kalau melihat dari kedua contoh di atas A dan B. Manakah yang tidak memenuhi syarat bebas iuran tahunan?

Jawabannya “Contoh B.”

Kenapa bisa begitu? Karena contoh B yaitu si Una masih belum memenuhi syarat ketentuan minimal 3x transaksi menggunakan kartu kredit. Meskipun di bulan-bulan lainnya Una selalu menggunakan kartu kredit

Andai saja di bulan Agustus 2024 si Una pergi ke minimarket membeli permen menggunakan kartu kredit senilai Rp2rb. Maka di tahun 2025 saat cetak tagihan, si Una akan dikenakan iuran tahunan.

Bagaimana dengan si Hiro? Apakah dia membayar iuran tahunan juga?

Tentu saja, tidak!

Karena si Hiro tidak pernah melewatkan membayar tagihan wajib menggunakan kartu kredit, atau menggunakannya untuk transaksi harian yang sifatnya rutin.

Jadi sudah jelaskan! Intinya jangan sampai lupa memenuhi syarat minimal transaksi 3x per bulan. Jika ingin bebas iuran tahunan kartu kredit BRI Tokopedia Card.

Syarat yang ditetapkan oleh pihak BRI bagi saya tidak memberatkan. Karena memang sudah saya konfirmasi ke CS BRI, memang tidak ada minimal belanja.

Jujur saja ya, kalau ada yang sampai lupa ada 2 kemungkinan. Pertama, kebanyakan kartu kredit, dan kedua memang malas menggunakan kartu kredit. Hihihi

Semoga artikel yang sudah saya buat bisa membantu pemula yang sedang mencari referensi kartu kredit ramah pengguna.

Sekian dari saya, dan terima kasih!

Salam,

Disclaimer : Semua informasi, dan nama perusahaan yang ditampilkan dalam situs ini, hanya untuk tujuan berbagi pengalaman. Penulis tidak bermaksud merugikan pihak mana pun, dan semua informasi yang dipakai dalam situs ini bukan merupakan rekomendasi. Setiap investasi, pengajuan pinjaman, penggunaan kartu kredit dan trading terdapat potensi kerugian. Setiap keputusan merupakan tanggung jawab masing-masing pembaca.

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *