Pengalaman Apply Tokopedia Card BRI, Daftarnya Mudah Banget! [Update 2024]

Foto unggulan untuk catatan Pengalaman Apply Tokopedia Card yang berisi dua buah kartu tokopedia card.

Update Terakhir: 15 Mei 2024 Oleh Abdul Jalil

Sekarang ini kita bisa belanja online mudah dan aman dengan berbagai metode pembayaran. Salah satunya adalah menggunakan kartu kredit. Sebagai seorang pemula, lebih tepatnya pengguna baru kartu kredit. Saya ingin berbagi pengalaman apply Tokopedia Card untuk kamu.

Ada beberapa alasan mengapa memilih Tokopedia Card sebagai kartu kredit pertama saya. Salah satunya adalah bebas biaya tahunan. Untuk lebih lengkapnya silakan baca artikel ini sampai tuntas. Hihihi

Oh iya, sekedar informasi awal. Pada tanggal 04 Juni 2022 Tokopedia telah bekerja sama dengan BRI menerbitkan kartu kredit co-brand yang bernama Tokopedia Card. Bagi saya hal itu merupakan kolaborasi yang menarik di dunia e-commerce.

Sepengetahuan saya kolaborasi seperti itu juga dilakukan oleh berbagai e-commerce di Indonesia. Seperti Mandiri Shopee, BCA Blibli Mastercard, dan BNI JD.ID. Tentu saja setiap bank memiliki penawaran yang menarik.

Sebagai pengguna setia Tokopedia, tentu saya ingin sekali mencoba apply pada waktu itu, dan mencoba langsung pengalaman menggunakan kartu kredit. Tapi saya sadar untuk tidak terburu-buru apply kartu kredit.

Mengingat saya perlu belajar terlebih dulu mengenai sistem pembayaran kartu kredit, memahami segala risikonya untuk meminimalkan kejadian yang tidak saya inginkan. Terlebih lagi saya belum butuh, alias baru sekedar “pengen”. Hihihi

Apa itu Tokopedia Card? Fitur dan Keuntunganya

Tokopedia Card adalah kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bekerjasama dengan Tokopedia. Kartu Tokopedia dapat digunakan di 44 juta merchant yang bermitra dengan Visa Logo, secara global baik online maupun offline.

Fitur Tokopedia Card

Fitur ini bisa kita akses melalui aplikasi Tokopedia dan BRI Credit Card Mobile*

  • Cek riwayat transaksi.
  • Ajukan blokir (sementara/permanen).
  • Ubah limit kartu kredit (segera hadir).
  • Ajukan kenaikan limit (segera hadir).
  • Ubah PIN (segera hadir).
  • Ajukan cicilan 0%.
  • Notifikasi saat tagihan sudah terbit .
  • Loan on Apps atau dana tunai*.

Keuntungan Tokopedia Card

Jika sudah apply dan melakukan aktivasi Tokopedia Card, kita akan mendapatkan keuntungan, seperti:

  • Hadiah aktivasi senilai Rp125.000 GoPay Coins.
  • Welcome bonus Gopay Coins senilai Rp125.000 setelah melakukan transaksi dengan Tokopedia Card total Rp 5.000.000 dalam 60 hari sejak kartu disetujui atau 30 hari sejak kartu diaktivasi.
  • Cashback hingga Rp 1,5 juta setiap bulannya.
  • Bebas Biaya layanan cicilan untuk transaksi cicilan 0% di Tokopedia.
  • Cicilan mulai dari 0% untuk pembelanjaan di luar Tokopedia.
  • Unlimited cashback 500 GoPay Coins untuk setiap transaksi kelipatan Rp 500.000 di semua merchant.
  • Bebas biaya tahunan dengan syarat melakukan 3x transaksi per bulan (tidak ada batasan minimum). Jika tidak memenuhi syarat tersebut, di tahun kedua akan dikenakan biaya tahunan sebesar Rp250.000

Syarat untuk Memiliki Tokopedia Card

Semua informasi ini saya dapatkan melalui situs resmi BRI dan Tokopedia.

  • Usia minimal 17 tahun.
  • Memiliki KTP, dan NPWP (opsional).
  • Penghasilan minimal Rp3.000.000/bulan.
  • Akun Tokopedia (untuk proses pengajuan).

Catatan: Tidak hanya memiliki akun Tokopedia saja. Namun, jangan ragu untuk menggunakannya untuk transaksi reguler seperti bayar tagihan, beli pulsa, atau barang-barang lainnya yang bermanfaat.

Karena kalau pengajuanmu ditolak, bisa jadi disebabkan transaksi masih terlalu sedikit, atau tidak ada sama sekali. Sepengetahuan saya pribadi, berdasarkan informasi yang beredar. Pihak Tokopedia lebih memprioritaskan pengguna setia, daripada akun coba-coba.

Tokopedia tidak peduli seberapa banyak kartu kredit yang sudah kamu apply atau miliki, jika kamu tidak pernah bertransaksi di Tokopedia.

Detail Biaya-Biaya Kartu Tokopedia Card

Semua informasi ini saya dapatkan melalui situs resmi BRI dan Tokopedia.

Annual FeeRp250.000
Maksimal Tarik Tunai60% dari sisa limit atau maksimal Rp10juta/hari
Biaya telat bayar1% dari tagihan atau maksimal Rp100.000 (BI)
Biaya Ganti KartuRp50.000
Biaya Over LimitRp50.000
Cetak Billing StatementRp20.000
Cetak Ulang Billing StatementRp15.000
Copy Sales Draft LokalRp25.000
Copy Sales Draft InternasionalRp125.000
Ganti PINRp25.000
Biaya Ringkasan Transaksi TahunanRp100.000
Bunga Transaksi Ritel2,25%
Bunga Pengambilan Tunai2,25%
Pembayaran Minimum Tagihan5% atau minimal Rp 50.000*
Biaya Administrasi Pengambilan Tunai (ATM)4 % atau minimal Rp 60.000
Biaya Meterai Rp0 – Rp 5.000.000Gratis
Biaya Meterai > Rp 5.000.000Rp10.000
Biaya NotifikasiGratis
Biaya e-billingRp5.000
Biaya Kenaikan LimitRp75.000
Jatuh Tempo17 hari sejak tanggal cetak tagihan
Data Per April 2024

Catatan: Kita akan dikenakan biaya sebesar Rp75.000 apabila mengajukan tambah limit di luar Tokopedia.

*) Data tersebut berdasarkan ulasan dari beberapa konten kreator yang pernah mencoba dan melakukan pembayaran.

Sekilas kalau diperhatikan biaya-biaya di atas terkesan ada banyak banget kan? Nah, jangan khawatir tentang hal itu. Karena biaya-biaya tersebut dikenakan kepada kita jika menggunakan beberapa fitur yang tersedia.

Untuk pengeluaran pasti setiap bulannya kita hanya dikenakan biaya e-billing, jika tagihan dibayar secara penuh. Namun, jika kita membayar secara minimum. Di bulan berikutnya akan dikenakan bunga retail.

Tarik tunai limit kartu Tokopedia Card juga akan dikenakan bunga. Jadi, gunakan kartu kredit dengan bijak ya.

Baca juga:

Cara Apply Tokopedia Card

Buat kamu yang ingin memiliki kartu kredit Tokopedia Card perlu memperhatikan detailnya. Proses pendaftarannya sebenarnya sangat mudah sekali, tapi tidak boleh disepelekan ya! Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum daftar:

  • Pastikan aplikasi Tokopedia sudah versi terbaru.
  • Siapkan e-KTP fisik.
  • Pastikan penampilan wajah terlihat segar (tidak kucel habis bangun tidur), baju terlihat rapi. Intinya penampilan pantas difoto alias tidak seperti gembel.

Kalau ketiganya sudah selesai dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengajuan. Kamu bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Oh iya, perlu kamu tahu. Saya melakukan pendaftaran di hari libur cuti bersama Idul Fitri tanggal 9 April 2024. Jadi, prosesnya tentu tidak secepat saat pendaftaran di hari kerja (selain hari libur/weekend).

*) Ilustrasi Sementara

Pastikan saat mengisi data-data yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi sebenarnya agar prosesnya lancar dan pengajuan dapat diterima oleh pihak Tokopedia dan BRI.

Proses pengisian data-data di atas tidak membutuhkan waktu lama, kira-kira sekitar lima menit saja. Sebelum mengirim formulir pengajuan Tokopedia Card, periksa kembali data yang sudah dimasukkan.

Pada waktu itu, setelah memeriksa status pengajuan. Saya langsung masuk ke proses menunggu tanda tangan, optimis banget kalau pengajuan diterima. Karena kalau belum disetujui, maka akan muncul notifikasi, silakan baca di sini.

Proses tangan tangan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Pastikan nomor yang terdaftar di aplikasi Tokopedia statusnya masif aktif ya, agar bisa menerima KODE OTP via SMS.

Setelah itu tanda tangan kamu akan diverifikasi sama pihak bank.

Saran: Untuk melakukan tanda tangan, usahakan kamu lakukan sebelum pukul 3 sore agar bisa langsung diproses pada hari yang sama. Lebih itu akan diproses pada hari berikutnya.

Kalau verifikasi berhasil, status di Tokopedia akan muncul pesan seperti di atas, dan kartu akan segera dicetak. Untuk proses cetak kartu Tokopedia membutuhkan waktu 1 hari kerja.

Kemudian membutuhkan waktu 4-9 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari merah Libur Nasional) untuk proses pengiriman. Jika lebih dari itu, harap hubungi CS BRI melalui aplikasi BRImo biar tidak

Pengiriman kartu Tokopedia Cara melalui jasa Anteraja. Karena posisi saya berada di pulau Jawa, pengiriman hanya perlu waktu 3 hari saja. Harusnya saya menerima kartu pada tanggal 22 April.

Ternyata setelah saya periksa, kartu belum bisa dikirim karena belum ada kurir yang bertugas di desa tempat saya tinggal. Setelah menghubungi pihak kurir, pada akhirnya saya memutuskan untuk mengambilnya langsung ke gerai di hari berikutnya.

Hal yang perlu diperhatikan jika pengiriman lebih dari 9 hari. Kemungkinan ada kesalahan dalam penulisan alamat yang mengakibatkan kurir sulit menemukan lokasi penerima. Bisa juga, tidak ada orang yang menerima paket.

Saran saya untuk penulisan alamat harus benar-benar jelas dan nomor HP juga harus dalam keadaan aktif.

Untuk video unboxing tidak saya lakukan, karena tidak perlu (malas). Ketika melihat segelnya, alhamdulillah masih aman dan tidak yang membukanya (kecuali saya). Hihihi

Limit awal mendapat Rp3 juta, bagi saya sudah lebih dari cukup untuk seorang pemula yang ingin belajar menggunakan kartu kredit.

Langkah selanjutnya adalah proses aktivasi kartu. Masih di aplikasi yang sama, untuk proses aktivasi bisa dilakukan melalui Tokopedia.

Hanya tinggal klik “Klik di Tokopedia” secara otomatis Tokopedia Card langsung aktif. Jika kamu ingin menyimpan kartu kredit Tokopedia bisa langsung ikuti caranya setelah aktivasi.

Caranya umum dan mudah banget, yaitu dengan memasukkan nomor kartu, tanggal kadaluwarsa, dan kode keamanan (3 digit) ke aplikasi Tokopedia. Cara lainnya bisa dengan masuk ke pengaturan>pembayaran>kartu kredit/debit.

Karena kartu sudah aktif. Sesuai jani Tokopedia. kita diberikan welcome bonus sebanyak Rp 125 ribu ke Gopay Coins.

Tampilan awal saat mengakses dasbor Tokopedia Card.

Limit setiap pengguna bisa berbeda, ada yang mendapatkan 3 juta, bahkan yang sampai 20 juta untuk limit awal. Saya sendiri dapat limit 3 juta sudah sangat bersyukur sekali. Hihihi

Oh iya, setiap pemegang kartu kredit wajib melakukan aktivasi PIN kartu kredit. Fungsinya sebagai pengaman tambahan ketika kartu digunakan untuk belanja offline.

Untuk sekarang ini Tokopedia fiturnya masih terbatas. Jadi, saya disarankan oleh CS BRI untuk menginstall aplikasi BRI Credit Card Mobile (BRICC) untuk membuat PIN baru.

Buat kamu yang belum memiliki akun, bisa langsung membuatnya. Caranya sangat mudah, asal kamu masih bisa membaca dan memahami apa yang perlu dilakukan. Setelah akun selesai kamu buat, langkah selanjutnya kamu tinggal masuk ke menu MANAJEMEN>UBAH PIN.

Meskipun tulisannya UBAH PIN, tapi proses aktivasi PIN BARU ya di bagian itu. Jadi, kamu tidak perlu ragu.

Setelah proses aktivitasi PIN berhasil. Kamu sudah bisa menggunakannya untuk bertransaksi secara offline.

Oh iya, kartu Tokopedia Card keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur VISA Contactless. Tanpa perlu memasukkan kartu ke dalam mesin EDC dan PIN. Kartu sudah bisa digunakan untuk bertransaksi, dengan menempelkan ke mesin EDC yang sudah dilengkapi fitur contactless.

Sebagai pelengkap, saya berikan tanggal-tanggal penting proses pengajuan Tokopedia Card saya hingga kartunya sampai ke tangan.

  1. Pengajuan atau pengisian data: 9 April 2024 (17:24 WIB).
  2. Menunggu Tanda Tangan: 9 April s.d 18 April 2024 (-)
  3. Tanda Tangan: 18 April 2024 (12:18 WIB).
  4. Proses Verifikasi: 18 April 2024 (14:55 WIB).
  5. Lolos verifikasi atau disejutui: 18 April 2024 (17:45 WIB)
  6. Proses cetak kartu: 19 April 2024 (09:00 WIB)
  7. Pengiriman kartu: 19 April 2024 (15:00 WIB) s.d 23 April 2024 (11:57 WIB)
  8. Unboxing dan aktivasi kartu: 23 April 2023 (13:00 WIB)

Sangat mudah dan cepat kan proses pendaftaran Tokopedia Card? Jika kartu sudah aktif, kita bisa langsung menggunakannya untuk bertransaksi.

Menurut informasi yang beredar, meskipun limit awal saya itu kecil. Seiring waktu berjalan limit akan dinaikkan secara otomatis oleh Tokopedia. Tentu saja saya akan membuktikannya secara langsung dengan bertransaksi.

Siapa tahu 1 tahun kemudian, limit saya bisa naik menjadi 15 juta. Hihihi

Pengalaman apply Tokopedia Card ini merupakan pertama kalinya untuk saya sendiri. Karena sebelumnya memang tidak memiliknya kartu kredit. Bagi kamu yang mungkin ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman. Jangan ragu kirim via komentar/ WA.

Sekian dari saya, dan terima kasih.

Salam,

Disclaimer : Semua informasi, dan nama perusahaan yang ditampilkan dalam situs ini, hanya untuk tujuan berbagi pengalaman. Penulis tidak bermaksud merugikan pihak mana pun, dan semua informasi yang dipakai dalam situs ini bukan merupakan rekomendasi. Setiap investasi, pengajuan pinjaman, penggunaan kartu kredit dan trading terdapat potensi kerugian. Setiap keputusan merupakan tanggung jawab masing-masing pembaca.

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *