Pengalaman Upgrade Membership Tokopedia Emas

pengalaman upgrade layanan tokopedia emas

Update Terakhir: 29 Maret 2022 Oleh Abdul Jalil

Ngomongin soal investasi yang menarik untuk pemula. Emas adalah salah satu instrumen investasi yang sangat cocok untuk semua orang bahkan pemula. Pada kesempatan nge-blog kali ini saya ingin sekali berbagi pengalaman tentang cara upgrade membership Tokopedia Emas.

Oh iya, saya mulai berinvestasi emas sejak tahun 2019. Waktu itu belum ramai ngomongin investasi seperti sekarang ini. Saya menggunakan aplikasi Tokopedia yang bekerja sama dengan Pegadaian. Memilih aplikasi tersebut karena mudah banget prosesnya ketika hendak berinvestasi dan sekaligus belanja online.

Setiap orang yang memiliki akun Tokopedia sudah bisa langsung berinvestasi emas maksimal 1 gram (member club). Karena waktu itu investasi emas saya sudah mendekati 1 gram, nah di aplikasi menyedia fitur upgrade level membership.

Level Membership – Tokopedia Emas

Level membership di Tokopedia Emas itu ada 3 (club, prime, prestige). Setiap level memiliki perbedaan yang cukup mudah untuk membedakannya. Saya memutuskan untuk upgrade ke prime terlebih dulu (sesuai kebutuhan).

Cukup upload foto KTP+Muka saya beres deh urusan upgrade membership. Alhamdulillah, tiap bulan saya rutin menabung emas. Salah satu hal yang menarik menabung emas di Tokopedia adalah minimal pembelian emas.

Hanya dengan Rp 500 sudah bisa beli emas digital dan pada tahun 2021 berubah menjadi Rp 5.000 per transaksi pembelian. Untuk transaksi jual masih Rp 500 saja (siapa coba yang ingin jual emas 500 rupiah? Wkwkwk

Untuk metode pembayaran saat membeli emas juga sangat beragam mulai Virtual Account (VA), Virtual Account Syariah, Gopay, OVO, Gerai Retail (Indomaret, Alfamart dll), transfer bank (verifikasi manual).

Peraturan Baru Investasi Emas di Tokopedia x Pegadaian

Informasi ini saya ambil dari situs resmi Tokopedia yaitu per tanggal 29 Maret 2020 akan berlaku peraturan baru Pegadaian Tabungan Emas mengenai registrasi pengguna dan biaya layanan pada tabungan emas. Berikut ini adalah peraturan barunya.

  • Setiap pengguna lama dengan membership gold club dan gold prime wajib registrasi offline di Pegadaian untuk upgrade ke gold prestige.
  • Pengguna baru wajib registrasi online menjadi gold prime sebelum mulai bertransaksi.
  • Pengguna baru diberikan waktu 6 bulan untuk melakukan registrasi offline di cabang Pegadaian terdekat sejak tanggal pembukaan akun.
  • Jika tidak melakukan registrasi offline, akun tabungan Pegadaian Emas akan dibekukan maksimal 12 bulan sejak batas registrasi offline.
  • Akun akan kembali aktif jika pengguna melakukan registrasi offline (menjadi gold prestige).
  • Jika dalam 12 bulan tersebut tetap tidak melakukan registrasi offline, akun akan tertutup secara otomatis.

Berikut beberapa perbedaan yang akan berlaku pada akun Tokopedia per 29 Maret 2020

Saya Menerima Peraturan Baru Ini – Tokopedia.com

Karena saya ini adalah salah satu pengguna setia Tokopedia Emas. Saya akan mematuhi peraturan terbaru untuk tetap bisa menggunakan layanan menabung emas.

Pada tanggal 14 Maret 2022 saya mendatangi kantor CP Pegadaian Gubug untuk melakukan registrasi offline. Namun, sangat disayangkan tidak ada satu pun dari pegawai yang paham mengenai upgrade level membership Tokopedia Emas.

Mungkin belum ada pemberitahuan mengenai informasi penting yang belum sampai ke pihak pegawai Pegadaian Gubug. Justru saya malah diarahkan registrasi ke aplikasi Pegadaian Digital dan melakukan pembukaan akun.

Karena saya masih polos yaudah deh saya ngikut saja pembukaan akun di Pegadaian sambil konsultasi dengan CS Tokopedia di Twitter. Ketika saya selesai pada tahap pembayaran awal (deposit) di akun Pegadaian Digital. Hasilnya mengejutkan dong!

Respon CS Tokopedia

Saya sudah terlanjur melakukan pembayaran pembukaan akun sebesar Rp 52.500 (sudah termasuk biaya admin). Seketika saya langsung menanyakan kepada pegawai yang bertugas mengenai rekening emas apakah terhubung dengan Tokopedia atau tidak.

Muncul Rasa Penyesalan Ketika Saya Menerima Buku Tabungan

Mereka hanya bisa bilang “iya, bisa terhubung mas” namun buktinya di aplikasi Tokopedia Emas saya tidak perubahan apa pun. Ketika saya menanyakan kenapa nomor rekeningnya berbeda dengan di aplikasi Tokopedia ya mereka tidak bisa berbuat banyak.

Oleh, karena itu muncul rasa penyesalan dan kekecewaan dalam satu waktu. Daripada saya lama-lama di kantor Pegadaian, pulang dan menyelesaikan di rumah adalah solusi paling efektif.

Buku Tabungan Emas

Sesampainya di rumah saya langsung berkoordinasi dengan CS Tokopedia untuk menyelesaikan permasalahan yang saya alami. Mengisi berbagai data yang diperlukan seperti foto KTP, isi data sumber investasi, rata-rata penghasilan, dan juga pendidikan terakhir.

Hanya butuh data itu saja masalah sebenarnya sudah beres dalam waktu 3 hari kerja. Sebenarnya kalau saya mengetahui sejak awal. Cukup kontak CS Tokped aja sepertinya sudah cukup untuk menyelesaikan masalah upgrade level membership.

Masalah tersebut muncul mungkin karena sedang masa transisi jadi ya banyak hal yang belum singkron. Saya senang dan puas dengan kinerja CS Tokopedia yang benar-benar sangat membantu dalam menyampaikan solusi.

Akhirnya saya nanti bisa berinvestasi emas > 10 gram. Semoga saja fitur cetak emas bisa muncul di aplikasi. Karena saya ingin sekali mencoba itu fitur, paling tidak kepingan 5 gram cetakan ANTAM.

Sementara cukup itu dulu, pembahasan mengenai investasi emas lain kesempatan ingin membahasnya mengapa saya lebih memiliki Tokopedia daripada Pegadaian Digital. Semoga Pengalaman Upgrade Membership Tokopedia Emas saya bermanfaat untuk kalian. Sekian dan terima kasih

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.