Cara Mengganti RDN Bank Permata Ke BCA

cara mengganti rdn permata ke bca

Update Terakhir: 12 Oktober 2021 oleh Abdul Jalil

Lama nih saya tidak upload artikel receh di blog, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang bagaimana cara mengganti RDN di perusahaan sekuritas. Oh iya, di sini bagi teman-teman yang belum terdaftar sebagai investor saham. Bisa banget daftar melalui aplikasi IPOT dari Indo Premier Sekuritas.

Beli dan jual saham sekarang tuh jadi lebih mudah karena adanya aplikasi IPOT. Tapi saya tidak ingin menjelaskan secara detail tentang hal itu. Saya ingin fokus membahas judul di atas, yang mungkin teman-teman investor saham ada yang masih kebingungan.

Pengertian RDN

Rekening Dana Nasabah (RDN) atau Rekening Dana Investor (RDI), terserah enaknya pakai sebutan apa yang penting memiliki fungsi sama. persis Yaitu rekening khusus untuk keperluan transaksi penyelesaian efek di pasar modal. Setiap investor (khususnya saham) pasti memiliki rekening tersebut.

Salah satu dari kalian pasti bertanya-tanya ngapain sih harus repot-repot ganti RDN. Bukannya sama saja fungsinya untuk keperluan penyelesaian transaksi efek. Tentang hal itu sih memang benar, namun saya ada alasan lain yaitu “untuk efisiensi

Sejak 26 September 2021, saya adalah salah satu nasabah dari bank BCA (bismillah sebentar lagi jadi nasabah BCA prioritas…Aamiin). Jangan tanya kenapa saya bikin rekening bank lagi. Pokoknya saya memang perlu buat baru.

Sebelumnya hal itu terjadi, saya memang tidak ada niatan untuk mengganti RDN. Nah, karena saya sudah menjadi salah satu nasabah BCA, ya sekalian aja saya ganti RDN bank Permata ke BCA yang ada di Indo Premier Sekuritas.

Dengan begitu saya bisa lebih mudah dan murah (bebas biaya admin) jika ada keperluan transfer duit ke RDN, ya karena sama-sama bank BCA. Hihihi

Di bawah ini saya akan memberikan tips/cara mengganti RDN.

Cara Mengganti RDN Bank Permata ke BCA Untuk Nasabah Indo Premier Sekuritas

Baca dengan seksama langkah-langkah yang saya sampaikan dan jangan sampai terlewat

  1. Unduh formulir.
    1. Pembukaan Rekening Dana Nasabah BCA —> unduh
    2. Perpajakan nasabah individu —>unduh
    3. Informasi tambahan —>unduh
  2. Cetak formulir yang sudah terunduh.
  3. Isi formulir sesuai dengan ketentuan berlaku.
  4. Sediakan 1 materai Rp 10.000 dan FC KTP.
  5. Jika sudah mengisi formulir, pastikan data yang terisi sudah benar dan valid. Jangan lupa untuk FC KTP-nya ditempelkan ke formulir pembukaan RDN biar tidak kemana-mana.
  6. Kirim formulir melalui perusahaan jasa kirim-kirim seperti POS, JNE, JNT dan lainnya sebagainya.
  7. Pastikan selalu mengecek posisi kiriman/paket menggunakan resi yang telah kamu terima.
  8. Jika perusahaan sekuritas sudah menerima kiriman, formulir akan diproses tidak lebih dari 3 hari kerja (pokoknya terbilang cepat).
  9. Kalau proses pembukaan RDN BCA telah berhasil, secara otomatis nomor rekening akan muncul di aplikasi BCA Mobile atau MyBCA di menu “Informasi RDN“.
  10. Langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak sekuritas untuk melakukan proses penutupan RDN Permata di aplikasi IPOT melalui email (pastikan saldo yang tersisa 0 ya atau buat beli saham dan reksadana )
  11. Email [email protected] dengan subjek “PENUTUPAN RDN PERMATA
    1. Contoh email konfirmasinya bisa meniru atau pakai gaya bahasa lainnya (contoh ada di bawah).
  12. Selesai deh, tinggal tunggu saja perubahan status RDN di aplikasi IPOT.

Selamat Malam,

Perkenalkan nama saya Abdul Jalil salah satu nasabah Indo Premier Sekuritas. Saya mengirimkan email ini bermaksud untuk mengajukan penutupan Rekening Dana Nasabah (RDN) bank Permata.Hari Selasa, 28 September 2021 saya mengirimkan formulir pendaftaran RDN BCA, dan hari ini RDN BCA sudah jadi dan aktif.Untuk melengkapi data yang diperlukan, di bawah ini saya tulis nomor nasabah saya di Indo Premier Sekuritas “CUSTOMER CODE” a.n Abdul Jalil”Saya harap email pemberitahuan dari saya untuk segera diproses, dan saya bisa segera menggunakan RDN BCA untuk keperluan jual-beli efek. Terima kasih

Abdul Jalil

Penutup

Untuk perubahan nomor RDN perusahaan sekuritas lainnya kurang lebih pasti sama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua Investor di Indonesia. Bagi yang masih berumur < 20 tahun dan belum mulai berinvestasi jangan sia-siakan kesempatan untuk memulai. Ntar nyesel lho…Hihihi

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *