10 Keterampilan Dasar Yang Harus Kamu Miliki

Selayaknya hidup adalah bermanfaat untuk orang lain, tapi jika kamu tidak memiliki keterampilan (skill) apapun. Apakah kamu akan bermanfaat untuk orang lain? Aku rasa kamu hanya jadi menjadi beban hidup atau bahkan parasit. Jangan tersinggung, karena yang aku sampaikan itu benar. Hihihi 😀

Di catatan ini dengan senang hati aku akan berbagi pengalaman mengenai keterampilan dasar manusia yang perlu kamu miliki. Biar tidak jadi orang yang manja, dalam kasus tertentu, orang-orang manja 80 % lebih menyebalkan daripada orang yang tidak tau malu (asumsiku sendiri).

Aku sangat yakin, setiap dari kita pasti diberikan kemampuan atau keterampilan dasar tentang bagaimana cara menjalani kehidupan normal pada umumnya. Minimal kamu bisa mencuci piring bekas makan siangmu sendiri.

Di zaman serba online seperti saat ini, kita tidak kesulitan untuk mencari informasi apapun, bahkan kita menjadi sangat pintar hanya dengan belajar melalui internet. Tapi, pada kenyataanya tidak sedikit orang malas bertambah banyak. Faktanya memang seperti itu.

Berikut 10 keterampilan dasar yang harus kamu miliki sebagai manusia:

1. Kamu harus bisa memasang regulator tabung gas “LPG” !

keterampilan dalam memasang regulator tabung gas lpg
Memasang Regulator Tabung Gas – katadata.co.id

Jika kamu bukan orang pemalas dan bisa berpikir, sebenarnya tidak sulit-sulit banget memasang regulator gas. Jujur saja aku sendiri sangat membenci orang yang bilang dulu tapi tidak ada usaha. Contohnya seperti ini:

Aku takut kalo gasnya meledak, kamu kan cwo. Kamu aja deh yang pasang. ” – Kata seorang pemalas.

Terus kalo cowok, gak takut mati gitu? 😀

Keterampilan memasang regulator gas LPG bisa kamu pelajari langsung sama ahlinya atau nonton video di Youtube.

Untuk kasus tertentu memang ada regulator gas yang susah banget masangnya biar pas. Jika sudah seperti itu lebih baik minta bantuan kepada ahlinya. Setidaknya berusaha dulu, kalau mentok tidak bisa ya bagusnya minta bantuan.

2. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga harus bisa masak.

memasak bahan makanan
Memasak bahan makanan – pexels.com

Manfaat laki-laki bisa masak akan terasa ketika sudah memiliki seorang istri. Biasanya aktifitas memang perempuan lebih banyak melakukannya, tapi kalau sedang istri sakit atau hamil apakah ya membiarkannya memasak.

sebenarnya keterampilan memasak bisa dipelajari dengan mudah, Tapi tidak sedikit orang (menengah-atas) justru menyewa pembantu. Ya kalau punya uang lebih, silahkan saja. Selamat bekerja keras ya 🙂

3. Bersih-bersih adalah kemampuan yang perlu kamu kuasai.

teknik dasar dalam membersihkan kamar sendiri
Bersih-bersih – pexels.com

Apa susahnya sih bersih-bersih kamar sendiri? Jawabannya “ya susah kalo udah males”. Aku sendiri juga pernah males bersih-bersih tapi tidak separah menumpuk sampah di kamar sendiri. Masalah bersih-bersih itu keterampilan dasar pake banget deh. Bisa nyapu, ngepel, nyuci peralatan makan, nyuci baju, dan lain sebagainya.

Kalau kamu bukan orang sibuk, melakukan aktifitas bersih-bersih adalah sesuatu yang wajib. Sekalipun kamu bisa menyewa orang, lebih baik lakukan sendiri saja. Karena bisa menghemat pengeluaran. Tapi kalau kamu emang tidak sempat bisa banget menggunakan jasa cleaning servis bersihin.com.

4. Tahu dan paham bagaimana menggunakan, merawat, dan juga memperbaiki alat-alat kebutuhan pribadi.

Ganti oli motor – kompas.com

Pengguna kendaraan di Indonesia sangat banyak sekali, hampir setiap keluarga minimal memiliki 1 unit kendaraan bermotor. Namun, tidak sedikit pengguna mengerti hal apa saja yang wajib diketahui sebagai pemilik kendaraan bermotor.

Kebanyakan orang hanya bisa menggunakan tapi tidak paham bagaimana cara merawat alat atau barang kebutuhan pribadi. Contoh sederhananya adalah mengabaikan jadwal ganti oli motor, harusnya setiap 2000 Km ganti, tapi sudah > 4000 Km tidak diganti.

Meskipun kamu tidak bisa ganti oli sendiri, paling tidak masih ingat kapan jadwal ganti oli. Masih banyak contoh lainnya yang mudah kamu temui, hanya tidak menyadarinya.

Baca juga:

5. Manajemen waktu, plis jangan suka melanggar waktu (telat) !

jam
Jangan Telat – pexels.com

Meskipun aku hidup di tanah jawa dimana rumus waktu berlaku n+1, aku sangat membenci orang telat tapi tidak ada konfirmasi sama sekali. Padahal sudah menetapkan janjian, pernah aku menunggu orang selama 2 jam dan waktu itu benar sangat menyebalkan sekali.

Nah, keterampilan mengatur waktu salah satu hal yang perlu kamu kuasai. Hal tersebut akan memudahkan dalam menjadi kehidupan bersama orang-orang penting. Jangan sekali-kali mempermainkan waktu !

6. Bisa membaca arah mata angin menggunakan kompas, manfaatkan fitur basic di smartphone.

keterampilan menggunakan kompas digital
Kompas di smartphone – androidmau.com

Jika ada pertanyaan seperti ini:

Ibu-Ibu tersesat: “Permisi mbak, saya ingin ke arah selatan lewat jalan mana ya mbak?”
Mbak-mbak: “Maaf Bu saya tidak tau arah selatan yang mana” – (posisi sedang duduk sambil chattingan)

Sebagai pengguna smartphone kamu tidak pernah memanfaatkan fitur kompas? Memalukan sekali, yang smart cuma gawainya, yang oon berarti kamu. Hihihi 😀

Fitur kompas umumnya sudah tersedia di smartphone tanpa harus repot-repot install. Bahkan, kalau kamu tidak puas dengan fitur basic kompas, bisa banget install kompas yang lebih canggih.

7. Bisa menggunakan Google Maps

Logo Google Maps – media.skyegrid.id

Masih nyambung di poin sebelumnya menggunakan salah satu fitur yang pasti ada di smartphone berbasis android. Keterampilan membaca Google Maps (Gmaps) merupakan hal penting yang perlu kamu kuasai. Manfaatnya akan terasa ketika sedang bepergian.

Kalau kamu sampai saat ini tidak bisa menggunakan fitur tersebut, hal itu bisa merugikan orang lain jika dalam keadaan darurat kamu tidak bisa menggunakannya. Karena menurut pengalamanku sendiri bisa menggunakan Gmaps akan meminimalkan merepotkan orang lain.

8. Keterampilan menulis dengan baik harus kamu miliki, karena tidak semua orang paham tentang hal itu.

kemampuan menulis dnegan baik adalah keterampilan dasar manusia yang harus dimiliki
Menulis – Karolina

Menulis merupakan salah satu keterampilan hidup dasar yang perlu kamu kuasai. Memang, sejak kecil orangtua mengajarkan kita menulis. Namun, maksud dari kemampuan menulis di catatan ini adalah bagaimana menulis kalimat pembuka yang baik dan benar saat menulis surat atau sekedar pesan daring (chat).

Kamu perlu menekankan penggunaan kalimat yang tepat, sesuai dengan kondisi dan situasi. Bicara secara langsung saja bisa menimbulkan salah paham, apalagi ngobrol lewat teks singkat. Selain itu, kemampuan menulis akan sangat berguna dalam berbagai contoh seperti saat melamar kerja atau ketika sedang menyusun tugas akhir.

Pokoknya kemampuan itu sangat berguna banget. Kadang suka aneh sendiri melihat fenomena ketidakpahaman mengenai etika dalam berkomunikasi secara daring, khususnya lewat pesan singkat. Seringkali tidak paham apa itu “sopan santun”.

9. Tidak asal bicara, komunikasi yang baik ada aturan dan latihannya

Komunikasi dengan baik – pexels.com

Tidak jauh berbeda dengan menulis, berbicara juga memerlukan keterampilan. Apalagi yang berkaitan dengan public speaking atau berbicara kepada orang yang lebih tua. Hal itu bisa mencerminkan kamu itu tipe orang yang seperti apa, apakah bisa mengkondisikan atau asal saja sama lawan bicara.

Kalau kamu memperhatikan anak-anak jaman sekarang hampir tidak memahami situasi dan kondisi ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Aku yang mendengarnya secara langsung, hampir tidak ada sopan santunya sama sekali.

Menyedihkan memang, tapi keadaanya sudah seperti itu. Mungkin, dengan seiring berjalananya waktu orang-orang yang lebih muda akan bersikap tidak sopan di level selanjutnya. Aku sendiri sampai saat ini belum menemukan cara efektif untuk memberitau mereka tentang sesuatu yang dasar banget.

10. Keterampilan bersikap jujur dan apa adanya

berani bersikap jujur dan apa adanya
Berani jujur – Magda

Aku memiliki alasan tersendiri mengapa “jujur” masuk ke dalam poin ini.

Indonesia saat ini tidak kekurangan orang baik, melainkan orang yang bersikap jujur dan apa adanya. Sebenarnya aku ingin mengkritik keadaan saat ini. Tapi aku hanya orang biasa yang masih memiliki rasa takut, karena pasal karet. Hihihi 😀

Jadilah seseorang yang selalu bisa menjungjung tinggi nilai kejujuran dan jangan menunggu orang lain. Tetaplah menjadi diri kita sendiri, karena hal itu jauh lebih baik daripada menjadi orang lain. Aku menyakinkan diriku sendiri untuk menjadi orang yang seperti itu, meskipun tantanga pastinya akan berat.

Cukup itu dulu yang bisa aku sampaikan mengenai 10 keterampilan dasar yang kamu atau kita kuasai. Jika ada poin lainnya bisa tulis di kolom komentar. Aku sangat senang dan terbantu tentunya. Terima kasih 🙂

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *