Kartu Debit BRI Hilang atau Tertelan? Ini Solusinya

solusi kartu debit bri hilang

Update Terakhir: 5 Juli 2021 Oleh Abdul Jalil

Buat sebagian orang yang memiliki kartu debit BRI atau bank lainnya hilang secara mendadak bisa bikin panik sejadi-jadinya. Apalagi kalau di dalam kartu debit tersebut tersimpan saldo dalam jumlah yang besar (puluhan hingga ratusan juta).

Di sini aku ingin berbagi pengalaman untuk pembaca blog ini yang mungkin belum pernah atau sedang terjadi kehilangan kartu debit BRI (semoga jangan sampai terjadi). Cukup merepotkan jika sampai hal itu terjadi.

Artikel ini bisa menambah pengetahuan mu dan jaga-jaga saja kalau suatu hari nanti kamu membutuhkan informasi ini. Yuk simak baik-baik artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Kartu Debit

kartu debit BRI Britama
Kartu Debit Britama – BRI

Kartu debit adalah yaitu kartu yang memiliki fungsi untuk sebagai alat pembayaran, tarik tunai di ATM, dan lain sebagainya. Untuk penggunaannya biasanya menggunakan saldo yang tersedia di rekening, bukan menghutang seperti kartu kredit.

Umumnya setiap nasabah akan mendapatkan fasilitas kartu debit untuk menunjang aktivitas perbankan sehari-hari dengan limit yang sudah ditentukan oleh pihak bank. Jadi, kartu debit setiap nasabah bisa berbeda-beda.

Kalau aku sendiri adalah salah satu nasabah dari BRI Simpedes sejak 25 November 2011. Kartu yang aku dapatkan memiliki limit yang paling rendah yaitu “Private Label“. Namun, di sisi lain aku memiliki rekening yang tidak biasa alias istimewa (mungkin lain waktu ingin aku bahas pada artikel berikutnya).

Kembali ke topik pembahasan mengenai permasalahan kartu debit hilang atau tertelan di mesin ATM. Kedua hal itu bisa saja terjadi pada siapa saja. Berikut ini adalah solusi untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.

Solusi Kartu Debit Hilang/Tertelan

1. Telp CS BRI 14017/1500 017

Ketika kamu sedang terjadi masalah kartu debit hilang atau tertelan, dan saat itu berada di dekat mesin ATM BRI pastinya nomor tersebut mudah terlihat. Langsung telp saja tidak perlu mikir lama.

Jangan menerima bantuan pihak lain yang menawarkan bantuan dengan menelpon nomor lainnya. Bisa jadi orang tersebut memang sengaja ingin mengambil alih kartu mu.

Jika kamu sudah tersambung dengan CS BRI pastikan kamu menceritakan kronologi kejadian dan minta untuk memblokir kartu. Dengan begitu, uang yang ada di rekeningmu aman.

Setelah telp CS untuk memblokir kartu secara permanen, langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor BRI unit terdekat. Jangan lupa membawa surat keterangan dari kepolisian (bisa ke Polsek), karena pihak bank pasti akan meminta.

Pihak bank BRI akan memberi kartu debit baru dan kamu harus membayarnya senilai Rp 5-10rb sebagai biaya penggantian kartu. Biaya penggantian kartu mungkin tiap kantor unit bisa berbeda-beda.

2. Disable Kartu Debit BRI

Kalau cara ini sebenarnya cara yang paling cepat dan efektif. Karena biasanya nasabah yang melakukan cara ini umumnya yang sudah mengaktifkan fitur mobile banking (m-banking) dan Internet Banking (i-banking).

2.1 Melalui Aplikasi Brimo

1. Login Brimo

tampilan mobile banking BRI
Tampilan Aplikasi Brimo – Hiroeshy

Masukkan username dan password untuk bisa login aplikasi Brimo. Umumnya untuk Brimo ini bisa menggunakan username dan password internet Banking.

2. Pilih “Rekening Lain”

Menu-menu Aplikasi BrimoHiroeshy

Kalau kamu memiliki rekening BRI 1 atau lebih bisa klik bagian pada kotak merah di atas. Kemudian, akan menuju info keseluruhan saldo yang kamu miliki. Karena aku hanya punya 1 rekening saja, sistem secara otomatis mendeteksi menjadi rekening utama. Kamu bisa melihat pada gambar no. 3 yang ada tanda bintangnya.

3. Klik “Lihat Detail”

Info Saldo Rekening – Hiroeshy

Kemudian, klik “Lihat Detail” untuk mendapatkan akses informasi detail mengenai rekening yang kamu miliki. Setelah klik “Lihat Detail” akan muncul informasi seperti gambar no. 4

4. Klik “Status Kartu”

Untuk Melihat Status Kartu – Hiroeshy

Pada gambar no. 4 menandakan status kartu debit BRI yang masih aktif, untuk menonaktifkannya klik saja menu “Status Kartu“.

5. Klik “Disable”

Rekeningnya Simpedes, Kartunya Britama – Hiroeshy

Klik “Disable“, maka secara otomatis kartu ATM mu akan nonaktif dan tidak terhubung dengan rekening. Jika ingin memblokirnya secara permanen kamu bisa menghubungi CS BRI 14017/1500 017. Kemudian, kamu mendatangi kantor BRI terdekat untuk mendapatkan penggantian kartu.

Baca juga:

2.2 Melalui Internet Banking BRI

DISCLAIMER: Pada bagian ini aku hanya memberikan informasi tanpa gambar. Namun, info ini cukup mudah kamu pahami (selama bisa membaca). Berikut cara men-disable kartu debit BRI.

  1. Login Internet Banking BRI
  2. Pilih menu “Layanan Nasabah
  3. Pilih Layanan Lain “Disable/Enable” Kartu
  4. Lanjutkan Pengisian Data

Jika semua langkah sudah selesai kamu lakukan. Hubungi CS BRI 14017/1500 017 jika kamu menghendaki pemblokiran secara permanen, selanjutnya kamu mendatangi kantor BRI terdekat untuk mendapatkan penggantian kartu

Saran dari ku, ketika ingin login internet banking maupun m-banking jangan menggunakan WI-FI publik ya? Gunakan saja jaringan internet 4G/5G pada smartphone mu. Untuk alasan keamanan data kamu, jangan sampai mengabaikan saran dariku.

Demikian pembahasan mengenai “Kartu Debit BRI Hilang atau Tertelan?” Semoga solusi yang aku berikan bisa bermanfaat untuk kamu dan semua pembaca yang kebetulan nyasar di blog ini. Hihihi

Terima kasih ^_^

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness with Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.