Dividen Pertamaku Sebagai Investor Saham

Catatan ini berjudul “Dividen Pertamaku Sebagai Investor Saham“, nah aku akan berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan sedikit kebahagiaan menjadi seorang investor. Aku tercatat sebagai seorang investor itu sejak tahun 2019 dengan bukti Single Investor Identification (SID) di data KSEI.

Saham pertama yang akan membagikan dividen bisa kamu baca di catatan bagian ini “Investasi Saham Pertama Di Aplikasi IPOT” . Aku sendiri menjadi investor saham senang dan juga bangga, karena bisa ikut serta meramaikan suasana di pasar modal Indonesia.

Dividen pertama yang aku dapatkan memang tidak besar, namun hal itu memberikan sinyal positif bahwa perusahaan yang aku beli memiliki kinerja bagus. Buktinya tiap tahun perusahaan rutin membagikan dividen kepada pemegang saham.

Asal kamu tau saja dividend yield atau tingkat keuntungan yang diberikan oleh perusahaan bagus bisa melebihi bunga deposito. Jadi, kalau kamu ingin berinvestasi saham pastikan memilih perusahaan yang memiliki kinerja bagus dan rajin membagikan dividen.

Dividen Pertamaku Dari Sektor Keuangan

Untuk mendapatkan dividen dari saham tentu saja aku harus mengikuti beberapa aturan penting. Salah satunya nama ku tercatat sebagai pemegang saham saat Cumulative Date (Cum Date). Nah, pada saat itu merupakan tanggal penting bagi investor yang ingin membeli saham dan berhak mendapatkan dividen.

Kalau investor membeli saham saat Expired Date (Ex Date), tentu saja tidak berhak mendapatkan dividen. Dari hal itu bisa menjadi contoh bahwa sebagai investor harus paham tanggal penting kapan ada aksi korporasi. Jangan asal jual-beli untuk mendapatkan keuntungan hanya dari capital gain.

Investor yang berhak mendapatkan dividen tentu saja akan mendapatkan surat pemberitahuan melalui email (terdaftar di perusahaan sekuritas). Untuk contohnya ada di bawah ini.

dividen pertamaku dari Bank Jatim (BJTM)
Surat Elektronik Pembagian Dividen Tunai

Pada surat di atas sudah terdapat informasi jadwal pembagian dividen. Jadi, sebagai investor pastinya tau dong tanggal pembayaran dividen tunainya. Oh iya, ada informasi tambahan dari pihak sekuritas yang aku gunakan (Indo Premier Sekuritas) mengenai pembayaran dividen.

Di surat pemberitahuan untuk pembayaran dividen itu tertulis 28 Mei 2021. Namun, dividen akan masuk ke Rekening Dana Investor H+1 pembayaran. Jadi, jangan heran ketika Payment Date dana belum masuk ke rekening meskipun di mutasi sudah ada informasi pembayaran dividen (koreksi jika aku salah).

Cukup itu saja catatan pengalaman pertamaku mendapatkan dividen saham. Jadi, investor saham itu sangat menguntungkan lho, asal paham cara kerjanya. Jangan takut berinvestasi saham, dan jangan mau berinvestasi di tempat yang tidak jelas.

Carilah tempat berinvestasi yang kamu pahami dan sesuai dengan kebutuhanmu. Sampai jumpa di catatan berikutnya…

Baca juga:

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *