Donor Darah Sehat, Dariku Untuk Kamu

Semarang, 20 Agustus 2019 – Untuk kesekian kalinya aku kembali ikut donor darah agar tetap sehat. Karena sejujurnya donor darah itu sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Tapi banyak orang yang takut untuk melakukan donor darah, mungkin karena jarumnya yang terlihat besar. Aku pasti akan ikut donor darah karena pasti mempunyai nilai manfaat.

Paling enak sih kamu harus mencoba sendiri donor darah, karena kalau sudah mencoba pasti akan ketagihan. Andaikan donor bisa setiap bulan, Aku pasti akan ikut selalu donor darah sukarela, tapi sayang sekali ada batas minimal. Yaitu 3 bulan sekali baru bisa donor darah lagi.

Walaupun begitu, aku pasti akan mencoba jika ada kesempatan untuk donor darah biar bisa rutin dan jangan sampai absen. Karena kesempatan untuk donor darah itu dalam setahun hanya bisa 4 kali saja.

Jika Semua Syarat Terpenuhi, Donor Darah Sehat Aman-Aman Saja Kok.

donor darah sehat itu baik untuk kesehatan
Jangan Takut Donor Darah, Senyum Aja Dulu

Untuk prasyarat sebelum donor darah pada umumnya itu. Pertama, pastikan kamu dalam kondisi sehat dulu. Kalau kamu sedang sakit, jangan donor ya karena pasti tidak boleh.

Kedua, kamu harus memastikan tekanan darah berkisar antara 110/80 mmHg s/d 160/100 mmHg. Ketiga, kamu sudah makan terlebih dulu alias tidak dalam kondisi kelaparan sebelum donor darah.

Keempat, kadar Hemoglobin (Hb) dalam keadaan normal tidak boleh lebih atau kurang agar kamu baik-baik saja. Kelima, jarak satu minggu sebelum donor tidak dalam pengaruh obat apapun.

Keenam, tidak boleh memiliki tato, karena memang mengindikasikan pernah memakai jarum tato tidak steril atau terkontaminasi (mungkin). Terakhir, wanita yang memiliki kandungan atau sedang haid tidak boleh donor juga.

Mungkin juga ada syarat yang belum aku sebutkan. Namun, jika syarat tersebut sudah terpenuhi InsyaAllah kamu bakal bisa donor darah.

Aku memakai seragam Pramuka saat donor darah karena seru aja ke kampus memakai seragam. Aku ingin mengingatkan lagi jangan takut donor darah, karena donor darah itu sangat baik untuk kesehatan.

Sampai juga di catatan berikutnya.

Catatan Akhir Kuliah #98

Baca juga:

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *