Aku Yang Ke Berapa?

Sekolah dan Kuliah
Foto Pribadi : Eksis Dulu Sebelum Bertugas di Gd. Prof Soedarto, SH Tembalang

Baiklah… aku memulai kembali dengan catatanku ini. Aku mengetahui kalau catatan ini adalah yang ke 190 di daftar berkas. Sebenarnya sudah ada lebih dari 300 catatan namun khusus catatan kehidupan ini memang benar nomor yang sudah aku berikan.

Tentang hari itu aku sendiri memang sedang bertugas di Gedung Prof. Soedarto sebagai tim bantu-bantu apapun yang bisa dikerjakan (among tamu bisa, berdiri di samping rektor bisa,senyum-senyum juga bisa) semua itu bisa saja terjadi bagi kami yang bertugas. Suatu kehormatan bagiku bisa menjadi bagian dari panitia prosesi wisuda universitas. Aku mengikuti kegiatan tersebut sudah sejak tahun 2014 hingga saat ini 2017.

Bersyukur sekali dan tidak sia-sia aku bergabung dengan Pramuka Undip. Itu baru sedikit hiburan bagiku belum lagi di masa depan nanti pastinya akan banyak sekali manfaat yang bisa di dapat. Aku yakin itu akan terjadi pada setiap anggota yang memahaminya. Bisa dibilang di dalam gedung aku berlatih untuk melihat kenyataan hidup di kampus.

Banyak dari teman-temanku merasa bawa-bawa perasaan ketika melihat kakak tingkatnya atau teman satu angkatan dinyatakan lulus dan di wisuda (rasanya ingin cepat-cepat lulus dan di wisuda) padahal mereka itu baru saja masuk dengan susah payah, entah mengapa mereka dengan mudahnya berpikiran demikian. Masuk disalah satu kampus terbaik di Indonesia sudah susah payah, keluar juga harus ada perjuangan agar lebih berkesan.

Nikmati status mahasiswa selama masih bisa sebelum status pengangguran (lebih tepatnya masa transisi) disandang oleh kita semua yang merasa pernah menjadi mahasiswa. Itu yang aku pikirkan ketika sedang bertugas di prosesi wisuda. Insya Allah hati dan pikiran kuat melihat kenyataan kalau teman seangkatan sudah ada yang lulus terlebih dahulu. Bertanya aku yang ke berapa, semoga saja tidak terlalu jauh dari mereka (yang akan di wisuda pada bulan Oktober 2017). Aku sendiri sudah menentukan target kapan aku harus lulus sesuai kemampuan (Agustus 2018) dengan begitu aku kuliah menyandang status mahasiswa tepat lima tahun sejak tahun 2013.

Jadi, yang harus aku lakukan untuk sekarang ini adalah melakukan sesuatu apapun yang bisa dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, ikhlas, jujur dan tidak lupa selalu berdoa memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT. Karena Dia Adalah Sang Maha Mengetahui Segalanya.

Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

https://abduljalil.my.id/

Tinggalkan Balasan