Mahasiswa Baru Tahun 2018

Untuk Mahasiswa Baru
Foto: Tim Pramuka Undip Semarang 6 Agustus 2018

Mahasiswa baru (maba) tahun 2018 mulai menampakkan wajahnya dilingkungan Universitas Diponegoro (Undip). Kami sebagai mahasiswa  yang lebih dulu datang sangat senang menyambut kedatangan mereka.

Apalagi denganku ini yang banyak sekali memiliki adik (ada angkatan 2014-2018) itu tandanya aku memang belum lulus dari kampus Undip. Aku masih suka mengenakan seragam kebanggaanku yaitu seragam pramuka lengkap. Ada banyak momen yang bisa dipamerkan di catatan ini. Namun, foto lainnya menurutku tidak lebih baik dari yang aku tampilkan.

Kalau kalian ingin tahu foto itu sebenarnya momen ketika sudah selesai melaksanakan tugas (ya sebagai tim pengaman tambahan sekaligus bisa ajang promosi). Menurutku foto itu cukup kok untuk mewakili kegiatan penerimaan mahasiswa baru.

Toh nanti masih ada kegiatan yang sama serunya yaitu Orientasi  Diponegoro Muda (ODM) dan itu ada di fakultas masing-masing. Tapi untuk penutupannya tetap dilaksanakan di stadion Undip. Enggak tahu kenapa seru saja aku masih memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan bersama adik-adikku.

Mungkin resepnya jangan terlalu memikirkan mengenai skripsi yang belum aku mulai. Sebagian besar dari teman-teman ku sudah banyak yang lulus. Tidak menjadi beban yang berarti bagi kehidupanku. Selama aku merasa senang itu sudah cukup.

Mahasiswa Baru
Foto: Waktunya Pulang

Eh.. kok tiba-tiba ada foto itu ? memang mereka habis melakukan keributan apa ? kok sampai debu pada beterbangan. Jangan salah sangka dulu ya, toh mereka telah selesai melaksanakan penutupan kegiatan ODM. Aku akui sangat sedikit sekali momen yang bisa tersimpan di telepon pintarku.

Aku pikir akan sangat mudah untuk mendapatkan hasil dokumentasi dari pihak BEM Undip (tapi ternyata hasilnya nihil) kecewa tentu ada tapi aku tidak akan berhenti untuk menulis. Catatan tentang mahasiswa baru akan terus berlanjut kok sampai selesai.

Ada ribuan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan penutupan ODM. Hampir sama seperti tahun sebelumnya mereka membuat sebuah mahakarya (katanya) sebagai kenangan mereka hadir di kampus Undip. Untuk dokumentasinya bisa banget dicari di channel YouTube milik BEM.

nih channel youtubenya:

Mahasiswa Baru
Foto: Ramai Sekali

Kalian yang belum pernah tahu kegiatan ODM Undip 2018 aku pasti membagikan “after movie” nya. Mungkin kalau tidak ada YouTube kita semuanya mungkin masih asyik menonton TV di kos-kosan atau dirumah saja.

Generasi jaman sekarang memang patut untuk bersyukur dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu sangat pesat. Kegiatan penutupan ODM untuk mahasiswa baru memang begitu melelahkan banget untuk panitia dan peserta namun sebagian besar dari kami pasti merasa kegiatan telah sukses dilaksanakan (hasilnya bisa dilihat di after movie).

Catatan ini memang tidak spesifik banget membahas tentang mahasiswa baru karena aku hanya sekedar untuk mencatat saja. Aku berharap ada orang lain yang sudah meluangkan waktunya membuat sebuah catatan lain (yang lebih baik dari milikku). Tentu aku akan merasa senang karena ada yang ikut serta dalam mengabadikan sebuah momen.

Baca juga: CATATAN ORIENTASI MAHASISWA FAKULTAS 1

Oh iya meskipun aku salah satu mahasiswa yang belum lulus, bukan berarti mahasiswa baru bisa seenaknya saja bilang kuliah itu sulit, merepotkan atau apalah yang kalau dipikir-pikir kuliah hanya menghabiskan duit orang tua.

Jangan seperti itu meskipun kalian sangat bisa untuk mengatakannya. Aku tidak akan memberikan alasannya karena kalian mungkin tidak akan percaya dengan apa yang aku katakan. Jalani dulu saja nanti toh kalian akan mengerti.

Untuk mahasiswa baru jangan khawatir, setiap usaha yang kalian lakukan pastinya akan memberikan pengaruh yang baik untuk kalian sendiri (tergantung kalian melakukan dengan cara yang salah atau benar). Sudah itu saja sambutan dariku di catatan ini. Terima kasih

Catatan Akhir Kuliah #59

Salam,

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

2 Comments on “Mahasiswa Baru Tahun 2018”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *