Bayar Tagihan PDAM Pake OVO dan Dana Sangat Payah!

Update Terakhir: 15 Juni 2022 Oleh Abdul Jalil

Informasi ini adalah salah satu keluhan dengan beberapa aplikasi dompet digital yang biasa saya gunakan sehari-hari. Jadi gini, saya tuh tipe orang yang sering bayar tagihan di awal bulan seperti bayar listrik PLN dan PDAM.

Khusus untuk tagihan internet saya menggunakan Telkomsel Orbit sistem prabayar, jadi saya memakai sesuai dengan kebutuhan. Orang seperti saya yang sudah melek teknologi, tentu saja bisa memanfaatkan fitur yang tersedia.

Selama ini saya memanfaatkan aplikasi dompet digital untuk keperluan sehari-hari, mulai hal receh sampai hal yang serius. Hehehe

Bahkan saya menggunakan 4 dompet digital (LinAja, OVO, Gopay, dan Dana) dengan kapasitas maksimal saldo 40 juta/apk (realitanya saldo rata” sampai segitu). Alasan saya menggunakan 4 dompet digital, karena ada fungsinya masing-masing.

Tidak akan saya jelaskan di sini ya!

Lanjut ke topik utama.

Untuk membayar tagihan listrik PLN selama ini tidak ada kendala serius. Hanya saja tiap aplikasi membebankan biaya admin yang berbeda-beda. Tidak masalah sih buat saya tentang biaya admin, yang penting aplikasi bisa memprosesnya dengan lancar.

Tercatat per bulan September 2021 desa saya sudah mendapatkan layanan air bersih dari PDAM Kab. Grobogan. Merupakan bantuan hibah dari Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR tahun 2021 untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selama 6 bulan pertama saya membayarkan tagihan ke kantor PDAM (registrasi awal) dan berakhir di bulan Maret 2022. Pada bulan April tentu saja saya harus membayar tagihan PDAM. Kalau telat bayar biasanya kena denda.

Eh benar saja, pada bulan April saya tidak sempat membayar tagihan dong. Wkwkwkw

Fitur pembayaran di dompet digital sudah lumayan lengkap. Hanya saja tidak semua menyediakan pembayaran tagihan PDAM Kab. Grobogan

Dari 4 aplikasi, hanya 2 aplikasi yang bisa saya gunakan yaitu OVO dan Dana. Namun, kedua aplikasi itu seperti tidak ada gunanya. Karena tidak bisa saya pakai untuk bayar tagihan PDAM.

Sangat menyebalkan sekali!

Bayar Tagihan PDAM Selalu Error dan Tiket Keluhan Pelanggan Responnya Sangat Lambat

Percobaan demi percobaan satu bulan lebih lamanya dan menghubungi CS terkait. Hasil yang saya dapat ada nihil!

Memang sangat mengecewakan sekali untuk layanan keluhan pelanggan. Saya kira hanya butuh waktu kurang dari 1 jam, eh ternyata lebih dari satu hari. Nih, saya lampirkan tangkapan layar error pada aplikasi ketika hendak membayar tagihan.

Selama 1 bulan penuh hasilnya seperti itu.

Aplikasi OVO selalu bilang gagal memproses, sedangkan Dana hanya kotak warna merah yang menyala. Kadang, juga muncul pesan error aplikasi sedang sibuk.

Kalau error hanya beberapa jam saja sih tidak masalah. Tapi kenapa sepanjang waktu gitu. Entah kurang duit untuk memperbaikinya atau sedang bingung bagaimana cara duit tidak kebakar terus tapi bisa dapat untung. Saya juga tidak tau.

Tapi satu hal pasti kedua aplikasi tersebut tidak berguna bagi saya. Untuk sementara ini pembayaran tagihan PDAM Kab. Grobogan hanya tersedia di OVO dan Dana, sedangkan di marketplace ada Sopi (hanya bisa lewat aplikasi) dan Blibli (bisa dari mana saja).

Akhirnya saya pakai Blibli dong, masalah pembayaran tagihan sudah selesai meskipun saya harus bayar denda karena telat bayar.

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *