Racana Diponegoro Undip Semarang

racana diponegoro semarang
Foto: Anggota Racana Diponegoro di Unair Surabaya

Racana Diponegoro atau disingkat dengan Radip merupakah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus Universitas Diponegoro (Undip).  UKM Tersebut berdiri sejak tahun 1978. Cerita berawal dari keinginan untuk memiliki unit kegiatan yang bergerak dalam bidang kepramukaan.

Wakil Rektor III saat itu yang dijabat oleh Dr. Herry Soepardjo menugaskan Kresno Wiyono, Saptorini,  dan Agus Widiyanto untuk mengikuti kegiatan Penataran Pramuka Mahasiswa yang mewakili  Undip. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bandung pada tanggal 5 s/d 11 Januari 1978 oleh Dirjen Dikti bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

Untuk pertama kalinya dari kalangan internal Undip melakukan pertemuan guna membahas berdirinya Racana Diponegoro. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Biro Rektor Lama yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa. Hasil pertemuan tersebut sepakat untuk mengibarkan panji Gerakan Pramuka di Universitas Diponegoro, Semarang.

Baca juga: SELAMAT DATANG DI RACANA DIPONEGORO

Kemudian muncul pionir seperti : Kresno Wiyono, Agus Purwadi, MB Setio Bintoro, dan Suryantoro (FT), Slamet Budi Prayitno (FPP), Sigit Joko Sutomo (FISIP), Suradi (FH), dan Edy Yusuf AG (FE). Sementara di kalangan putri ada Saptorini (FT), Frontea Swastawati (FPP), Susiloningrum (FK), dan Endang (FE).

Dari kalangan Universitas dukungan datang dari Kak Tien Soepeno, S.H., Kak Drs. Madyono Joedoadhinoto, S.H., serta Kak R. Tjutjuk Soetjipto. 

Pengiriman kontingen Racana Diponegoro yang pertama adalah degan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional III tahun 1978 di Karang Kates, Malang. Meskipun masih berstatus gudep persiapan, akan tetapi sudah mulai diketahui dan diakui keberadaannya oleh pihak kwartir maupun perguruan tinggi lainnya.

Tanggal yang bersejarah bagi Racana Diponegoro adalah 1 Oktober 1978 yang mana pada saat itu dilantik Mabigus 01.045-01.046 (sekarang 11.045-11.046) dengan Kamabigus Rektor Undip Prof. Soedarto (Alm.).

Hari Jadi Pramuka Undip

Pada tanggal 28 Oktober 1978 secara resmi diakui sebagai Hari jadi Pramuka Undip dan dilantik Dewan Racana yang pertama dengan Ketua Putra Kak Slamet Budi Prayitno dan Ketua Putri Kak Susiloningrum. 

Salam,

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *