Semua Bisa Investasi Bersama Indo Premier Sekuritas

Update Terakhir: 18 Juli 2021 oleh Abdul Jalil

Semua Bisa Investasi” – Itulah kampanye yang dipopulerkan oleh perusahaan sekuritas bernama Indo Premier. Percaya atau tidak, aku adalah salah satu investor saham yang mempercayakan Indo Premier Sekuritas sebagai broker favorit.

Desember 2020 adalah tahun pertama aku berinvestasi melalui Indo Premier. Satu hal yang bikin aku tertarik adalah, yaitu proses pendaftaran akun yang 100 % online dan tanpa minimal deposit. Buat orang-orang yang memiliki alasan deposit awal mahal. Baru saja aku telah memberikan sedikit informasi.

Proses pendaftaran yang mudah dan cepat, tidak aku sia-siakan untuk berinvestasi saham pertama di Indo Premier. Jaman sekarang siapa saja yang ingin membeli saham itu sudah sangat mudah, hanya saja literasi mengenai saham memang belum banyak.

Maka dari itu dengan adanya inovasi dari Indo Premier. Semua orang bisa mulai berinvestasi hanya dengan menggunakan smartphone.

Aku kasih info buat kamu yang ingin mulai berinvestasi saham. Dulu, aku sudah pernah buat thread (utas) di Twitter mengenai cara registrasi menjadi nasabah Indo Premier melalui aplikasi IPOT. Btw, aplikasi IPOT itu adalah super app inovasi dari Indo Premier Sekuritas.

Nah, di sini aku nulis juga cara registrasi menjadi nasabah Indo Premier via aplikasi IPOT, siapa tau ada calon investor yang tergerak harinya untuk terjun di dunia pasar modal di Indonesia.

Berikut Cara Registrasi Akun IPOT

Sebelum memulai registrasi akun IPOT, pastikan kamu menyediakan dokumen yang harus ada seperti:

  • KTP
  • Rekening Bank (nama pemilik sesuai di KTP)
  • Kertas yang berisi tanda tanganmu
  • NPWP (optional)

Install Aplikasi IPOT di Play Store atau App Store

aplikasi ipot milik indo premier sekuritas
Install Aplikasi IPOT – Twitter.com/hiroeshy

Ketika ingin mencari aplikasi IPOT, cukup gunakan kata kunci ” IPOT”. Sebenarnya tidak sulit untuk mencari aplikasi tersebut. Berikut ini adalah tampilan awal dari aplikasi IPOT dari Indo Premier Sekuritas.

Klik menu “Regristration” untuk memulai proses pendaftaran

tampilan awal aplikasi ipot dari indo premier untuk siapa saja, karena semua bisa investasi
Tampilan Aplikasi IPOT – Twitter.com/hiroeshy

Pastikan untuk email dan no. hp kamu gunakan yang masih aktif. Karena dua data tersebut akan sangat berguna untuk keperluan menyampaikan informasi dan menerima kode OTP. Jangan sampai menggunakan email sampah (aku email untuk iseng-iseng doang).

Masukkan kode OTP dari nomor handphone yang kamu

Jika kode belum masuk ke no. handphone sesuai waktu yang telah di tentukan, klik bagian resend untuk mendapatkan kode OTP. Ingat, kode OTP ini orang lain tidak boleh tau tanpa terkecuali !

Mengisi formulir pembuatan akun IPOT

Bagian pengisian formulir ini kamu harus mengisinya sesuai keadaan sebenarnya , Tidak sulit untuk mengisi bagian ini. Selama pengisian kamu lakukan dengan benar, tidak akan merepotkan pada hari berikutnya.

Isi nomor rekening bank

Untuk memastikan data yang kamu isi itu benar, usahakan nama rekening bank yang kamu miliki sama dengan nama yang tertera di KTP. Fungsi dari rekening ini adalah sebagai tempat untuk transfer dana dari Rekening Dana Nasabah (setelah akun IPOT jadi, kamu akan dapat RDN). Tidak lupa juga isi nama ibu kandung yaa.

Sebenarnya bagian ini tidak terlalu sulit jika dokumen yang kamu siapkan tidak bermasalah (cth: KTP Rusak, buram).

Upload foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Pastikan bagian informasi nomor KTP dan data lainnya terlihat jelas. Jika tidak, sistem akan kesulitan untuk memverifikasi.

Swa Foto/Selfie bersama KTP

Lakukan swa foto sesuai frame di aplikasi IPOT. Nah, biasanya kebanyakan calon nasabah kesulitan di langkah ini. Aku ada tips biar swa foto langsung di verifikasi oleh sistem.

  • Tips lolos verifikasi swa foto
    • Harus foto di tempat yang terang / penerangan cukup.
    • KTP tidak boleh buram.
    • Lepas kacamata (bagi yang memakai).
    • Letakkan KTP tepat di frame pada layar hp dan jangan ada bagian data yang terhalang oleh jari.

Kalau sudah menerapkan tips di atas besar kemungkinan swa foto kamu akan cepat terverifikasi oleh sistem.

Upload foto tanda tangan kamu di atas kertas putih polos

Seperti yang sudah aku jelaskan di awal, kamu harus menyediakan kertas yang berisi tanda tangan. Pastikan tanda tanganmu asli (bukan tanda tangan asal-asalan) di kertas putih polos.

Buat username dan password untuk login akun IPOT

Ketentuan username yaitu minimal 6 karakter huruf kapital dan angka (alfanumerik). Untuk bikin password dengan ketentuan 8 s/d 20 karakter (huruf kapital, huruf kecil, dan angka). Ada satu lagi, kamu juga diminta untuk buat PIN 8 digit kombinasi angka.

Cek kembali data yang sudah kamu input

Pada bagian ini kamu harus memeriksa kembali data dan pastikan data yang kamu input benar. Jika mengisi data asal-asalan tentu saja hal itu tidak boleh kamu lakukan. Setelah setelah memastikan data, ikuti langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Isi formulir pembuatan Rekening Dana Nasabah (RDN)

RDN adalah rekening khusus investasi untuk menyimpan dana investor, lewat RDN inilah dana yang tersedia bisa untuk membeli saham atau Reksa Dana. Bisa juga untuk menerima hasil penjualan hasil produk investasi.

Ketika isi formulir pembuatan RDN hanya klik-klik saja alias perlu pakai waktu lama. Jangan lupa baca syarat dan ketentuan pembukaan RDN.

Untuk saat ini Indo Premier telah bekerja sama dengan 3 bank besar di Indonesia sebagai bank kustodian yaitu BCA, Bank Permata, dan Bank Mandiri*.

* Perlu konfirmasi

Kamu akan mendapatkan konfirmasi via email dari Indo Premier

Email konfirmasi – Twitter.com/hiroeshy

Tidak perlu waktu lama untuk proses verifikasi akun IPOT kurang lebih hanya 1 jam saja. Saran: untuk kamu jika ingin registrasi akun IPOT lebih baik di jam kerja, karena proses biasanya lebih cepat.

Nah, itulah cara registrasi akun IPOT buat kamu yang ingin memulai berinvestasi. Jika kamu ada pertanyaan mengenai registrasi IPOT bisa tulis komen atau menghubungi CS Indo Premier. Telp (021)50887200 atau bisa melalui akun media sosial seperti Twitter dan Instagram (yang ada centang birunya ya).

Mohon maaf ya kalau artikel ini terlalu panjang, buat orang yang mungkin tidak suka baca (tapi ngapain juga kesini yaa) 😀

Sebelum mulai berinvestasi untuk meminimalisir terjadinya kerugian, ada baiknya utamakan belajar terlebih dulu dan kenali profil risiko diri kamu sendiri. Karena setiap produk investasi itu pasti memiliki risiko. Ingat, investasi itu mudah dan dapat dipelajari oleh siapa saja, karena semua bisa investasi.

Semoga bermanfaat

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *