Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

air hujan

Update Terakhir: 25 September 2021 oleh Abdul Jalil

Nah. .Aku ingin berbagi tips nih menjaga kesehatan saat musim hujan. Seperti yang kita tahu menjaga kesehatan itu penting, terutama saat memasuki musim penghujan.

Berbagai penyakit saat musim seperti flu, pilek, hingga deman berdarah akan selalu mengintai kita setiap saat. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kesehatan agar tetap sehat, bugar, dan dapat menjalani aktivitas sehari-hari.

air hujan
Ilustrasi Hujan – Pexels.com

Berikut tips-tips yang bisa aku bagikan kepada kalian semua agar tetap sehat saat musim hujan.

1. Selalu Sedia Payung Atau Jas Hujan

Tips yang pertama simpel sekali yaitu pastikan memakai payung atau jas hujan saat bepergian ketika hujan. Dengan memastikan pakaian tetap kering, tubuh tidak akan mengalami kedinginan. Membawa payung ketika cuaca cerah sekalipun juga bukan pilihan buruk untuk mengantisipasi kalau terjadi hujan mendadak.

2. Menjaga Tubuh Tetap Dalam Keadaan Hangat

Pernahkan kalian berpikir mengapa kita sering sekali terkena flu ketika saat musim hujan?, apalagi kalau sampai terkena langsung air hujan.

Para ahli mengungkapkan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan basah atau kedinginan, terutama pada bagian kaki dapat menyebabkan gejala Influenza. Gejala tersebut muncul ketika seseorang sudah rentan terhadap virus flu.

Ketika tubuh mengalami kedinginan dan berusaha agar tetap hangat. Secara otomatis tubuh akan membatasi aliran darah menuju kedua kaki kita dan juga hidung. Coba deh sentuh dengan tangan hidung kalian ketika sedang merasa kedinginan, pastinya akan muncul sensasi berbeda yang dirasakan oleh hidung kalian.

Dalam keadaan hidung yang dingin menjadi tempat favorit bagi virus lho. Maka dari itu sebisa mungkin kita harus menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadaan hangat.

3. Konsumsi Vitamin C

Meskipun masih diberdebatkan di kalangan dokter. Namun, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Jika Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Vitamin C baik yang alami diperoleh dari buah-buahan atau dari suplemen makanan dapat mempercepat pemulihan dari virus flu. Tidak ada salahnya kalau kita mencukupi kebutuhan Vitamin C agar kondisi tubuh kita tetap tahan terhadap berbagai penyakit.

Untuk buah-buahan yang mengandung Vitamin C seperti jeruk dan jambu. Mudah bukan untuk menemukan kedua buah tersebut.

4. Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat

Ketika hujan berlangsung jangan sekali-sekali meremehkan manfaat mandi air hangat lho. Apalagi sehabis kejebak hujan yang sangat deras, otomatis tubuh mengalami penurunan suhu tubuh. Dengan mandi air hangat secara perlahan-lahan suhu tubuh secara perlahan-lahan akan meningkat.

Mandi air hangat juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kuman yang menempel di tubuh. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari infeksi. Yang terakhir, selain mandi ada juga tips jitu cukup merendam kedua kaki dengan air hangat. Tapi kalau mandi itu terasa lebih puas nyata hangatnya.

5. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh kita di musim hujan dan banjir. 

Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit menginfeksi tubuh. Sertakan beragam jenis sayur dan buah pada makanan Anda, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik (Hallo Sehat).

6. Mencukupi Kebutuhan Air Mineral Dalam Tubuh

Meskipun musim hujan itu banyak air yang jatuh dari langit. Tubuh kita tidak boleh sampai dehidrasi lho. Mengapa bisa seperti itu? Logikanya ketika hujan berlangsung tubuh kita cenderung mengkonsumsi cairan (air) dalam jumlah yang lebih sedikit. Itu karena kita merasa tidak haus. Namun, cenderung sering pergi ke kamar kecil untuk buang air (pipis).

Air adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup kita tidak akan kekurangan cairan dan dapat mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Konsumsi air paling tidak 6-8 gelas sehari (+- 3 liter).

7. Rajin Mencuci Tangan

Tips yang terakhir juga tidak kalah pentingnya untuk kita semua yaitu mencuci tangan. Karena penularan virus melalui kontak fisik sangat mudah terjadi. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Gunakan selalu sabun atau cairan antiseptik ketika mencuci tangan, dengan begitu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh.

Demikian tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang aku berikan ke kalian? Kalau kita ingin sehat jangan lupakan untuk selalu menjaga kesehatan yaa. Semoga artikel dari ku bermanfaat.

Baca juga:

7 Tips Menghindari Petir Ketika Hujan Lebat + Gambar [2021]

Salam,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

2 Comments on “Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *