Sidang Abdul Jalil: Tentang Kebahagiaanku dan Mereka

Sekolah dan Kuliah

Semarang, 28 Juni 2019 – Semester ke-12 sidang Abdul Jalil akhirnya dapat terlaksana juga. Iya itu adalah namaku sendiri, bukan nama orang lain. Aku sudah menantikan kesempatan itu sudah sejak lama.

Aku sendiri sering mendengar ocehan orang-orang terdekatku tentang waktu kapan akan sidang terlaksana. Berhubung aku adalah tipe orang yang bodo amat, mudah saja bagiku untuk menjawab dengan sebenarnya.

persiapan sidang skripsi
Sebelum Sidang

Sudah terjawab ya kapan aku sendiri melaksanakan sidang skripsi. Orang lain sebelum sidang sudah terlihat ketakutan, cemas, dan khawatir dengan pertanyaan dari dosen penguji. Kalau aku ya hepi saja.

Salam jari kelingking dulu sebelum aku sendiri mempresentasikan hasil penelitianku kepada dosen penguji yang hadir. Tapi sayang sekali, harusnya aku melaksanakan sidang tepat jam 8 pagi tapi harus mundur beberapa menit karena harus menunggu salah satu dosen penguji.

Ketika aku mempresentasikan hasil skripsiku selama ini hanya perlu waktu < 15 menit saja. Tanya jawab aku sendiri tidak tahu menghabiskan waktu seberapa lama.

Aku hanya mengetahui waktu keseluruhan yang digunakan untuk sidang < 60 menit. Ku kira akan menghabiskan waktu selama 120 menit tapi ternyata tidak. Sidang skripsi tidak seseram yang dibayangkan.

1 dari 3 dosen penguji justru merasa bahagia sekali aku akhirnya bisa melaksanakan sidang skripsi. Beliau sepertinya sudah sejak lama ingin melihatku di meja ruang siang memakai kemeja putih dan celana bahan.

Aku memang bukan orang yang terkenal pandai, tapi beberapa dosen yang mengajar sepertinya sudah bosan melihatku sering hadir disetiap perkuliahan. Asal kalian tahu ya, aku menghabiskan waktu selama 10 semester untuk kuliah.

Ya karena banyak yang harus aku perbaiki untuk beberapa mata kuliah yang mendapat nilai D dan E. Nilai D sudah biasa dan sedikitpun tidak merasakan kecewa, justru sangat bersyukur meskipun hanya mendapatkan nilai D atau E.

Beliau Adalah Dosen Penguji di Sidang Abdul Jalil

sidang abdul jalil
Senyum Setelah Sidang

Dari sebelah kiri foto beliau adalah pak Fajar Arianto, M.Si, pak Zaenul Muhlisin, M.Si, Abdul Jalil, S.Si, dan pak Much Azzam, M.Si. Untuk dosen pembimbingku hanya ada 1 saja yaitu pak Zaenul.

Aku sendiri memang tampil beda dari mahasiswa pada umumnya ketika sidang skripsi khususnya di Fakultas Sains dan Matematika. Umumnya mahasiswa sidang hanya memakai kemeja putih dan celana bahan warna hitam saja. Tapi lihatlah aku, sudah jelas beda.

Ada maksud tersendiri karena memang ada keperluan untuk foto ijazah sekalian setelah sidang. Disisi lain aku seperti terlihat lebih ganteng (eh memuji diri sendiri). Eheehehe

Untuk foto-foto yang lain aku taruh dibagian akhir saja biar enak jadi satu bagian khusus. Karena ada banyak sekali foto yang ingin aku tampilkan.

Aku tidak ingin menulis catatan tentang sidang skripsiku panjang-panjang, capek tahu ngetiknya. Hehehe

Intinya bahagia sekali meskipun aku sidang di semester ke-12 tapi masih banyak sekali teman-teman ku yang hadir sekedar memberikan ucapan selamat kepadaku. Aku sangat bersenang dan mengapresiasi sekali.

Inilah Foto Bersama Teman-Teman

Baca juga:

Catatan Akhir Kuliah #93

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil
Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

https://abduljalil.my.id/

Tinggalkan Balasan