Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Undip Tahun 2019

Update Terakhir: 15 Februari 2021 oleh Abdul Jalil

Semarang, 5 Agustus 2019 – Universitas Diponegoro (Undip) sedang ada hajatan dalam rangka upacara penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Pada kesempatan ini, Aku dan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam tim panitia penerimaan mahasiswa baru.

Tahun terakhir ku sebelum wisuda nantinya. Aku benar-benar ingin memanfaatkan waktu mengikuti kegiatan yang sekiranya akan menjadi kisah menarik dikemudian hari. Ya seperti halnya kegiatan yang aku catatan di bagian ini.

Aku mengikuti kegiatan penerimaan kira-kira sudah 4 atau 5 kali ya (semoga tidak salah hitung). Kalian tahu sendiri aku adalah salah satu mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan di internal Undip sebagai panitia. Contoh saja kegiatan wisuda yang rutin dilaksanakan setiap 4 kali setahun dan pengamanan ujian masuk PTN (SBMPTN/UM).

Selanjutnya, pagi-pagi aku dan teman-teman lainnya sudah bersiap di pos masing-masing. Sesuai porsinya aku pribadi tidak begitu penting, yang penting keberadaanku menjaga keseimbangan atau pos agar tidak kosong.

Sesekali aku juga mengambil foto untuk dokumentasi pribadi.

upacara penerimaan mahasiswa baru
Mahasiswa Baru

Aku pribadi belum ahli dalam pengambilan foto untuk dokumentasi kegiatan, tapi setidaknya aku mulai belajar untuk tidak sembarangan dalam mengambil foto. Untuk foto di atas cukuplah, tidak perlu aku beri tanda air. Toh siapa sih yang ingin mencuri foto kayak begitu. Hehe

Kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih berlangsung kira-kira 1,5 jam dari jadwal yang sudah ditentukan. Aku sendiri juga mengabadikan momen-momen receh bersama adik-adik kebetulan berada di sekitarku.

Momen  Receh di Kegiatan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru

masih cocok jadi mahasiswa baru
Maaf Fotonya Seperti ini

Foto ini bukannya tidak ada akhlaq ya. Ini kami sebenarnya sedang curi-curi kesempatan saja daripada tidak melakukan apapun, lagian dua orang di belakangku mau juga kok diajak foto selfie bersama. hehehe

Tidak tahu kenapa mereka berdua suka peka kalau ada kamera sedang menyala. Tapi tidak apa-apa toh kalau dilihat-lihat masih cocok kok jadi mahasiswa baru, kan cocok momennya upacara penerimaan mahasiswa. Tinggal ganti kostum/seragam dan ikut duduk bersama yang lainnya.

Tapi momen sulit untuk dilupakan justru hal-hal yang seperti itu, yang penting tahu posisi saja. Aku juga tidak lupa foto khas jari kelingking lho.

salam jari kelingking untuk mahasiswa baru
Jari Kelingking Siapa?

Kira-kira jari kelingkingnya siapa menurutmu? Yang pasti salah satunya adalah jari kelingking ku. Aku memang suka pose jari kelingking yang seperti itu. Jadi, biar aku memiliki ciri khas tersendiri.

Waktu demi waktu aku lalui bersama panitia yang lainnya baik dari KSR dan Menwa Undip. Alhamdulillah tidak ada kejadian yang merepotkan. Mahasiswa baru sudah enak tidak kepanasan, karena sudah ada penutup (terop).

Akhirnya setelah semua acara telah selesai. Semua mahasiswa baru harus segera pulang ke rumah masing-masing. Karena sudah 2 tahun ini Undip sudah tidak ingin lagi menerima laporan keluhan perihal ospek.

waktunya pulang untuk mahasiswa baru
Waktunya Pulang

Aku sendiri sangat menyayangkan hal tersebut. Sebenarnya ospek itu baik untuk dilakukan demi kebaikan mahasiswa baru itu sendiri. Namun, ada oknum yang merusak citra dari ospek dan hasilnya ospek dibekukan.

Aku hanya mahasiswa biasa saja yang sebentar lagi wisuda. Lagian aku sudah tidak peduli lagi dengan hal itu. Hukum alam pasti akan bekerja sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Senang rasanya aku bisa mengikuti momen terakhirku bersama mereka semuanya. Selain itu, sebagai pelengkap dari catatan ini. Aku juga melampirkan dokumentasi yang dijamin sangat berkesan sekali untuk semuanya.

Foto Terakhir Sebelum Pulang

foto bersama
Foto Bersama

Kebersamaan foto di atas bisa dijadikan kenang-kenangan. Namun, Aku sendiri terkadang sesekali memandang perempuan cantik yang ada di sisi lain. Enggak tahu kenapa aku sendiri suka memperhatikannya baik ketika di kampus atau sedang bertugas.

Selagi keberadaanku masih di kampus Undip aku akan terus memperhatikannya, meskipun sangat mustahil untuk memilikinya. Selain aura kecantikannya yang luar biasa, Dia orang yang sepertinya sangat rajin dan disiplin. Hal itu yang membuatku seperti sedang jatuh hati, tapi aku sadar diri saja. Hehehe

Cukup itu saja catatan tentang upacara penerimaan mahasiswa baru Undip tahun 2019. Yang terpenting, aku masih berkesempatan untuk menulis kisah-kisah lainnya semoga saja.

Catatan Akhir Kuliah #96

Baca juga:

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *