XL Prioritas: Layanan Pascabayar Pertama Saya di Tahun 2022

saya pengguna XL Prioritas

Update Terakhir: 4 September 2023 Oleh Abdul Jalil

Saya memutuskan menggunakan layanan pascabayar bukan karena paksaan dari pihak mana pun atau nomor lama saya hangus. Pada catatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai layanan pascabayar dari operator XL Axiata yaitu XL Prioritas.

XL Prioritas merupakan layanan seluler pascabayar di Indonesia selain Telkomsel Halo, dan IM3 Propaid. Selain 3 operator besar tersebut, tentu saja ada yang lain, hanya saja tidak perlu saya sebutkan.

Mungkin, beberapa orang berpikir aku telah melakukan hal bodoh yang berujung pemborosan. Buang-buang uang untuk membeli sesuatu yang tidak penting. Jujur saja awalnya saya sendiri, tidak mengetahui sistem pascabayar itu seperti apa.

Sepengetahuan saya pascabayar itu pakai dulu bayar nanti. Bahkan, tidak sedikit orang menganggapnya lebih mahal dari layanan prabayar. Tidak salah memang, tapi kalau menghitungnya secara ‘pembelian akumulatif’ apakah layanan prabayar lebih murah daripada pascabayar?

Semua itu hanya bisa kalian jawab sendiri. Toh, murah mahalnya layanan tergantung siapa yang memakainya. Bener gitu kan ?

Sejak jaman masih SMA, saya itu ingin sekali memiliki nomor hp 10 digit. Tidak tahu tempat membelinya ada ke mana dan ketika sudah tau tempatnya harganya masih mahal sekali. Waktu itu saya mengenal Kartu Halo (sekarang jadi Telkomsel Halo).

Kartunya para sultan pada saat itu dan saya sendiri juga masih belum tau kalau kartu Halo itu termasuk layanan pascabayar. Pikir saya Kartu Halo itu mirip seperti Simpati dan Kartu As, eh ternyata beda. Pada akhirnya saya menunda dulu keinginan untuk memiliki nomor 10 digit.

Itulah sedikit cerita dari saya yang memiliki sebuah keinginan. Akhirnya per 1 Juli 2022 keinginan memiliki nomor 10 digit bisa terwujud juga. Alhamdulillah

XL Axiata Adalah Operator Seluler Yang Bisa Mewujudkan Keinginan Saya

Karena saya sudah mengetahui nomor 10 digit itu khusus untuk layanan pascabayar. Akhirnya saya tidak punya pilihan lain untuk mencari operator yang bisa mewujud keinginan saya. Awalnya saya nyari di Tokopedia. Nemu tapi harganya mahal banget (ada sih duit, tapi seperti gak rela).

Nyari di website resmi dengan membandingkan 3 operator berbeda dengan batas harga di bawah Rp 100rb. Saya mendapatkan informasi seperti ini.

Telkomsel Halo

Dengan menggunakan layanan pascabayar senilai Rp 80rb (belum termasuk PPN 11 %) saya akan mendapatkan:

  1. Kouta internet 10 GB (semua jaringan).
  2. Kouta roaming 100 MB
  3. Telpon 60 menit ke semua operator.
  4. 100 SMS ke semua operator.
  5. Kuota Daily Apps sepuasnya dapat digunakan untuk mengakses LINE, WhatsApp, Tokopedia, Shopee, Lazada . Serta semua aplikasi yang terdaftar di MAXstream, GamesMAX, dan MusicMAX (tidak termasuk langganan premium dan FUP 3 GB/periode tagihan).
  6. Tidak dapat nomor cantik (minimal berlangganan 225k baru dapat).

IM3 Pospaid Prime

Dengan menggunakan layanan pascabayar Primer 70 senilai Rp 70rb (belum termasuk PPN 11 %) saya akan mendapatkan:

  • Kouta internet utama 10 GB (semua jaringan).
  • Kouta aplikasi 5 GB.
  • 10 menit nelpon ke semua operator.
  • 5000 menit nelpon ke sesama (Indosat dan Tri).
  • Lifestyle Benefit Network Prio, Prioritas CS & Gerai, Loyalty Point 1x.
  • Bill Safe
  • Beragam pilihan paket dan kontrak (3, 6, 12 dan 24 bulan).
  • Gratis nomor cantik (11 digit).

XL Prioritas

Dengan menggunakan layanan pascabayar MyPrio Silver X senilai Rp 80rb (belum termasuk PPN 11 %) saya akan mendapatkan:

  • Kouta internet 20 GB (40 GB kalau memilih metode pembayaran kartu kredit).
  • Unlimited apps (WhatsApp, LINE, Blibli, Tokped, Shopee, Lazada, Gojek, Grab, Traveloka). FUP 10 GB
  • Unlimited nelpon ke XL dan Axis.
  • 100 menit nelpon ke semua operator.
  • SMS sepuasnya ke semua operator.
  • Gratis nomor cantik (10 digit).

Baca juga:

Cara Mulai Berlangganan XL Prioritas Untuk Pelanggan Baru

Dari ketiga operator di atas sudah ketahuan dong alasan saya memilih layanan pascabayar XL prioritas. Yaps dapat nomor cantik sesuai keinginan saya. Untuk pelanggan baru bisa mengunjungi website resmi XL Prioritas untuk melihat berbagai informasi mengenai paket yang ingin kalian pakai.

benefit myPRIO X unlimited XL pascabayar
Informasi Via WhatsApp Bisnis

Ada beragam pilihan paket, tapi saran saya untuk pelanggan baru bisa mulai dulu paket myPRIO Silver X. Kalau paket pertama tidak bisa mencukup bisa naik 1 level ke Gold (unlimited intenet dengan FUP 40 GB).

Daftar di website resmi bisa memilih sendiri nomor cantiknya atau kalau ingin cepat ya bisa menghubungi nomor WhatsApp Bisinis XL Prioritas ke 0818800055. Kalau saya pilih cara kedua yang menghubungi ke WA.

Saya langsung tancap gas menanyakan nomor prioritas 10 digit. Kemudian CS memberi 3 pilihan 08171, 08189, dan 08184. Nah, saya memilih salah 1 nomor tersebut. Setelah memilih nomor, langsung mengisi paket layanan dan data diri.

Siapkan KTP dan foto selfie untuk proses verifikasi layanan pascabayar dengan memegang KTP kemudian kirim ke WA. Setelah semua proses tersebut selesai, CS akan akan mengirimkan pesan konfirmasi seperti di bawah ini.

Melakukan Pembayaran Awal Untuk Deposit

Uang deposit akan dikembalikan setelah berhenti berlangganan (kira-kira menunggu 1 bulan lamanya denger” sih gitu). Untuk saya pribadi Insya Allah tidak ingin pisah dengan nomor pascabayar pertama. Karena saya pesan nomornya pada hari Jumat 24 Juni 2022.

Setelah proses transfer deposit berhasil dan terkonfirmasi oleh pihak XL. Pemberitahuan pengiriman nomor dan informasi mengenai tagihan akan dikirim via email terdaftar. Jadinya, nomor akan dikirim minggu depan melalui kurir NCS. Nunggu waktu 1 minggu rasanya lama juga ya, Hehehe

Karena pengiriman tidak menyertakan nomor resi, menurut saya agak gimana gitu. Kayak harap-harap cemas, itu yang saya rasakan. Pada hari Jumat pagi saya mendapatkan pemberitahuan dari kurir, kalau nomor saya kan segera sampai di rumah.

Akhirnya Sampai Juga dan Paket myPRIO Silver X Aktif.

Benar saja, nomor saya sampai di rumah sebelum berangkat ke masjid. Langsung bongkar dong!

Bungkusnya Keren Juga

Setelah jumatan, saya coba untuk melakukan aktivasi melalui aplikasi myXL (tidak berhasil), kemudian saya coba melalui SMS, akhirnya berhasil juga. Langsung deh jiwa kepo utak-atik aplikasi kian membara.

plan dan booster XL Prioritas
Plan Tanpa Paket Tambahan

Kouta internet 20 GB bagi saya itu cukup banget. Dari foto di atas mengenai kualitas jaringan XL Prioritas memang segitu maksimalnya 3-4 bar di dalam rumah (indikator sinyal dengan tanda merah). Tidak juah berbeda dengan 4G prabayar milik Telkomsel.

Memang tidak keliatan perbedaannya kalau hanya dengan melihat indikator sinyal. Tapi kalau sudah ngomongin uji kecepatan. Layanan pascabayar dari XL Prioritas memang memiliki keunggulan yaitu sinyal 1 bar saja kecepatan unduh bisa sampai > 10 Mbps (tergantung kondisi).

Saya benar-benar merasakan perbedaannya mana jaringan biasa dan jaringan yang diprioritaskan. Padahal pembaca lama mungkin sudah mengetahui kalau di desa saya belum ada satu pun tower BTS. Sinyal cuma dapat sisanya doang yang terbang bersama angin. Wkwkwk

Kalau ada yang tanya layanan pascabayar itu menguntungkan atau tidak. Menurut saya jelas menguntungkan (Worth It). Mengingat pengeluaran untuk paket data internet tidak jauh berbeda, selain itu dapat benefit lainnya seperti nomor premium 10 digit.

Saya akui banyak orang yang kecewa dengan layanan pascabayar, tapi sudah menelaah lebih lanjut. Ternyata permasalahannya ada di pelanggannya itu sendiri. Saya menyampaikan pendapat seperti ini bukan untuk membela operator.

Melainkan, banyak pelanggan operator seluler itu bodoh dan tidak bersedia membaca syarat dan ketentuan berlaku. Inginnya dapat banyak dan murah. Yahh.. itulah Indonesia

Saya rasa cukup yaa sampai di sini saja, untuk review mengenai XL Prioritas secara lengkapnya tunggu artikel selanjutnya ya. See You

Salam,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Writing every day for happiness

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *