Cara Beli Saham IPO Secara Online Untuk Pemula

cara beli saham ipo di pasar modal

Update Terakhir: 28 Desember 2021 Oleh Abdul Jalil

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara beli saham IPO secara online untuk pemula. Pengalaman ini saya bagi memang khusus untuk pemula. Jadi untuk investor yang sudah berpengalaman di pasar modal bisa banget memberi tambahan kritik dan saran.

Buat kamu yang masih bertanya-tanya apa sih saham IPO itu. Nah, penjelasan singkat versi saya sih seperti ini. IPO (Initial Public Offering) adalah penawaran saham perdana kepada investor di pasar modal. Intinya menjual sebagian kepemilikan saham kepada publik.

Perusahaan yang ingin mencari tambahan modal dengan cara merubah statusnya dari perusahaan tertutup menjadi terbuka (tbk). Oleh karena itu, perusahaan yang baru saja melakukan penawaran saham perdana biasanya akan mendapatkan dana segar dari publik mulai dari puluhan miliar hingga puluhan triliun rupiah.

Untuk saat ini pembelian saham IPO bisa kamu lakukan secara online bisa melalui website e-ipo atau melalui aplikasi sekuritas. Namun, tidak semua sekuritas sudah menyediakan fitur beli saham ipo. Semoga saja untuk bulan berikutnya sudah banyak sekuritas yang mendukung fitur beli saham IPO.

Khusus artikel ini saya ingin berbagi pengalaman beli saham IPO melalui website e-ipo. Untuk pembelian melalui aplikasi sekuritas mungkin saya akan bahas pada lain kesempatan. Doakan saja saya memiliki kesempatan tersebut. Hihihi

Baca juga:

Berikut Cara Beli Saham IPO Untuk Pemula

  • Buka website e-ipo https://e-ipo.co.id/
  • Login menggunakan email terdaftar dan isi password dengan benar. Kalau belum punya akunnya silahkan buat dulu melalui link berikut.
  • Kamu akan melihat halaman awal website dan tersedia berbagai perusahaan yang sedang melakukan penawaran. Klik “Info Lebih Lanjut dan saya mencontohkan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL).
cara beli saham ipo
  • Klik menu “pesan

Pastikan sebelum kamu pesan saham IPO, alangkah baiknya membaca dan mempelajari terlebih dahulu Prospectus mengenai perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu beli saham tapi tidak paham sama sekali dengan perusahaan yang ingin kamu beli.

Minimal kamu ngerti tentang kinerja keuangannya bagus atau jelek dan perusahaan tersebut bisnisnya apa saja. Satu lagi, tujuan perusahaan melakukan IPO itu untuk ekspansi pasar atau bayar hutang. Kalau sudah ngerti dan paham, kamu tinggal memutuskan saja.

  • Pastikan Perantara Perdagangan Efek statusnya sudah terverifikasi ya. Jika belum kamu hanya perlu menambahkannya saja dan menunggu proses verifikasi sesuai nomor SID yang kamu miliki.
Perantara Saya adalah Indo Premier Sekuritas
  • Isi nominal harga saham dan isi jumlah saham yang kamu inginkan. Kemudian klik “kirim
  • Kamu akan melihat halaman konfirmasi. Klik “simpan” jika pesananmu sudah sesuai dan pastikan dana di RDN mencukupi yaa.
  • Pastikan nomor hp yang terdaftar sudah benar untuk menerima kode OTP. Masukkan kode OTP yang telah kamu terima melalui SMS. Kemudian klik “Simpan Pesanan
  • Lihat informasi pesananmu melalui menu “Order Aktif
Tinggal tunggu saja harga penawaranmu diterima atau ditolak

Saat penawaran awal berakhir perusahaan akan menentukan harga saham IPO ketika penawaran umum. Waktu itu saya menawar dengan harga Rp 775 per lembar (batas bawah), sedangkan harga finalnya Rp 800 per lembar. Maka dari itu saya tidak mendapatkan penjatahan saat penawaran awal.

saya beli saham ipo mtel

Masih Ada Kesempatan Membeli Saham

Tidak ingin menyerah begitu saja, saya putuskan untuk beli saham IPO MTEL saat penawaran umum dengan harga final. Saldo di rekening cukup untuk membeli 3 lot saham, saya tancap gas tanpa pikir lama-lama. Hihihi

beli saham ipo

Akhirnya saya dapat juga saham IPO dengan harga Rp 800 per lembar. Jika sudah mendapatkan jatah, saldo RDN akan otomatis akan terpotong sesuai dengan pesanan. Jika saldo tidak mencukup pesananmu secara otomatis akan dibatalkan (reject). Oleh karena itu, sebelum pesan pastikan saldo mencukupi untuk membeli saham IPO.

saya beli saham ipo
Lumayan Nambah Isi Portofolio

Nah, sudah sedikit mengerti kan bagaimana cara pesan saham saat IPO. Untuk lebih jelasnya kamu juga perlu mencobanya agar semakin paham. Saya akhiri dulu ya, jika ada pertanyakan seputar saham silahkan kirim di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat ^_^

Salam Dariku,

TTD Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Semua tentang ku dan Haruna

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.